IPSI Tampilkan  Seni Silat di Alun-alun

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Berbagai cara dilakukan warga, perusahaan, maupun lembaga di Kabupaten Tuban untuk turut serta memperingati hari jadi. Salah satunya Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Tuban yang menggelar acara di Alun-alun Tuban, Minggu (15/11/2015).

Acara bertajuk "Gelar Seni Pencak Silat" tersebut selain untuk memperingati Hari Jadi Tuban (HJT) ke 722 juga dirangkai pelantikan IPSI Kabupaten Tuban periode 2015-2019. Sejak pagi, tampak para pendekar sudah memasuki Kota Tuban dari berbagai kecamatan yang ada di Bumi Wali, sebutan akrab Tuban.

Menurut data penyelenggara, sedikitnya ada 15 perguruan di Tuban yang ikut serta. Mereka mengawali acara dengan parade seni pencak silat bersama di Alun-alun. Sehingga, pengguna jalan di seputaran pusat kota itu turut serta memperhatikannya.

"Acara ini dihadiri 15 perguruan yang ada di Tuban. Selain acara IPSI sendiri, kegiatan ini untuk memperingati HJT ke 722," kata penanggung jawab cara, H. Faisol kepada blokTuban.com.

Sebelum acara dimulai, tampak rombongan Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT), Rajawali, Pagar Nusa (PN), Setia Hati, Silat Muhamadiyah dan Persilatan Mataram sudah memasuki Alun-alun. Setelah itu, perguruan lain giliran menyusul untuk bergabung dengan yang lain.

Salah satu pelatih PSHT Tuban, Joko Supriyanto, jika atraksi bersama perguruan silat dilakukan untuk menandai dimulainya acara. "Kegiatan ini juga turut serta memeriahkan HJT dan pelantikan IPSI Tuban," sambungnya. [nok/ito]