Akhir Pekan, Goa Ngerong Ramai Pengunjung

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com- Setiap akhir pekan, wisata Goa Ngerong jadi destinasti lokal yang tidak menecewakan. Banyak pengunjung yang menghabiskan akhir pekan di goa ini. Meski pengunjung didominasi warga sekitar, tidak jarang pengunjung datang dari luar daerah.

Ditemui di tempat wisata, salah satu pengunjung, Mardiyah mengaku  datang bersama rombongan dari Pati, Jawa Tengah untuk berziarah ke makam Kiai Soleh di Rengel. "Sekalian ini mengunjungi Goa Ngerong. Seneng bisa datang ke sini, soalnya unik," kata dia

Meningkatnya jumlah pengunjung  di akhir pekan, meningkat pula penjualan tiket masuk. Seperti yang ditutrkan penjaga loket, Vani. Menurutnya, setiap kali hari Minggu, penjualan tiket lebih meningkat ketimbang hari-hari biasa.

"Kalau sepi paling-paling dapat Rp 20 ribu. Kalau hari Minggu bisa dapat Rp 200 ribu lebih," kata perempuan belia tersebut.

Untuk dapat masuk area wisata Goa Ngerong orang dewasa dikenai biaya Rp 3 ribu dan anak kecil hanya membayar Rp 2 ribu. Sedangkan untuk warga sekitar, tidak dikenai biaya masuk.

Tidak hanya penjualan tiket saja yang meningkat di akhir pekan. Pedagang di dalam area wisata Goa Ngerong, salah satunya, Sukirah juga ikut kelarisan. Pengunjung banyak yang membeli untuk makan ikan.

"Biasanya yang dibeli klentheng (isi kapas), berondong jagung dan roti," ungkapnya.

Namun, lanjut Sukirah, banyaknya pengunjung tidak memepengaruhi penjualan makan ikan. Ada kalanya pengunjung banyak, tapi tidak membeli makanan ikan. "Tapi kadang pengunjung sedikit, malah banyak yang memborong  pakan ikan," pungkasnya. [dwi/ito]