Cancoko: Awas, Jangan Terulang Lagi

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Kejadian yang menimpa Misbahul Munir (24) warga RT 02/RW 02, Kelurahan Sendangharjo, Kecamatan Kota, Kabupaten Tuban yang diduga dipulangkan paksa oleh pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tuban mendapat perhatian khusus dari beberapa pihak. Termasuk dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tuban.  

Anggota DPRD Tuban, Cancoko meminta agar kejadian seperti ini tidak terulang lagi. Ia berharap pemerintah hadir di tengah masyarakat tidak mampu yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan.

"Baik yang berobat dengan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari kelurahan atau Surat Pernyataan Miskin (SPM) dari Dinas Kesehatan (Dinkes)," jelas Cancoko.

Politisi asal Partai Demokrat ini menegaskan, jika selama ini anggaran kesehatan sudah ada. Sehingga, pelayanan kesehatan juga harus diberikan sebaik-baiknya kepada pasien yang tidak mampu.

"Tidak ada alasan lagi menolak atau memulangkan pasien miskin," tegas Cancoko.

Seperti diketahui, Misbahul Munir adalah anak pertama dari tiga bersaudara pasangan Alm Sunaryo dengan Nuryati. Semenjak Ayahnya meninggal dunia, pencari nafkah utama adalah Ibunya yang bekerja sebagai pedagang sayur keliling dan asongan di Alun-alun Tuban. [pur/mad]