Skip to main content

Category : Suara Pembaca & Citizen Jurnalism


Beragam 'Julukan' untuk Tuban

Kabupaten dengan jumlah penduduk sekitar 1,2 juta jiwa ini terdiri dari 20 kecamatan dan beribukota di Kecamatan Tuban. Kabupaten Tuban mempunyai letak yang strategis, yakni di perbatasan Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah dengan dilintasi oleh Jalan Nasional Daendels di Pantai Utara. Luas wilayah Kabupaten Tuban 183.994.561 Ha, dan wilayah laut seluas 22.068 km2. Letak astronomi Kabupaten Tuban pada koordinat 111o 30'-112o 35 BT dan 6o 40'-7o 18' LS. Panjang wilayah pantai 65 km. Ketinggian daratan di Kabupaten Tuban bekisar antara 0-500 mdpl. Oleh karena itu, pada zaman dahulu Tuban dijadikan pelabuhan utama kerajaan Majapahit dan menjadi salah satu pusat penyebaran Agama Islam oleh para Walisongo.

Punk dalam Perspektif Al-Maun

Ketika banyak orang memarjinalkan anak-anak punk, tidak dengan Muhammadiyah. Melalui dakwah komunitas, Muhammadiyah mencoba merangkul mereka secara perlahan melalui hati ke hati. Melalui LDK PDM Tuban dan LDK PWM Jatim yang merupakan kepanjangan tanganuhammadiyah pada tingkatan pimpinan masing-masing mencoba untuk memberikan support bagi anak-anak punk.

Pendekar Silat PSH Ramaikan CFD Jatirogo

Sejumlah pendekar dari organisasi Persaudaraan Setia Hati (PSH) memperagakan jurus beladiri di hadapan warga saat Car Free Day (CFD) di kawasan Jatirogo, Kabupaten Tuban, Minggu (28/1/2018). Aksi tersebut untuk melestarikan olahraga pencak silat asli budaya Indonesia. 

Men'coklit', PPK Jatirogo Upayakan Pelayanan Terbaik

Komisi Pemilihan Umum (KPU) meresmikan gerakan pencocokan dan penelitian (coklit) terkait Pilkada Serentak 2018. Gerakan coklit ini dilakukan untuk pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih. Sebagaimana dengan KPU segala Kabupaten Tuban mengintruksikan kepada seleuruh jajaran PPK Se-Kabupaten Tuban. PPK Jatirogo sebagaimana intruksi dari KPU melaksanakannya terjun ke seluruh masyarakat diawali dengan apel pembukaan di Balai Desa Paseyan, Kecamatan Jatirogo pada pukul 08.00 WIB, Sabtu (20/01/2018).

PPK Jatirogo Sosialisasi Pulgub Jatim di CFD

Sosialisasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur (Jatim) yang akan digelar pada 27 Juni 2018 terus digenjot oleh Pantia Pemilih Kecamatan (PPK) Jatirogo pada kegiatan Car free Day (CFD) pertama kalinya yang diselenggarakan di jantung Kota Jatirogo.

Ma’had Aly Al-Hasaniyyah Resmikan Lajnah Falakiyah

Memasuki minggu pertama tahun 2018, Ma’had Aly Al Hasaniyyah Senori, Kabupaten Tuban meresmikan Lajnah Falakiyah, Minggu (7/1/2018), bertempat di Aula Komplek Al Khadijah Pondok Pesantren Putra-Putri dan Majlis Ta’lim (PPM) Daruttauhid Al Hasaniyyah. Hadir segenap jajaran pengasuh dan seluruh Mahasantri.

Petani Temaji Siap Manfaatkan Kartu Tani

Sebanyak 254 anggota dari tiga  kelompok tani,  yaitu Mekar, Sumber Rejeki, dan Kelompok Tani Sidodadi, Dusun Terangrejo, Desa Temaji, Kecamatan Jenu mendapatkan Kartu Tani.  Kartu tersebut, diterima melalui salah satu bank yang digandeng pemerintah.