Gabut Saat Pandemi, Perempuan Tuban Sulap Batu Kali Jadi Kaktus Hias

Reporter: Dina Zahrotul Aisyi

blokTuban.com- Media melukis tidak hanya terbatas pada kanvas ataupun kertas. Banyak media-media lain yang bisa digunakan untuk mengembangkan kreativitas melukis, salah satunya adalah batu.

Seni lukis dengan media batu ternyata dapat menciptakan peluang bisnis yang menguntungkan, seperti yang dilakoni oleh Yuniar Ninda Wardani.

Berawal dari banyaknya batu kali pada usaha taman orang tuanya, perempuan yang akrab disapa Niar tersebut mengubah batu-batu kali menjadi sebuah karya yang memiliki nilai jual.

“Karena kebetulan bisa melukis, akhirnya punya ide untuk melukis batu-batu tersebut biar lebih menarik dan bisa dijual,” terangnya.

Batu-batu kali yang telah dilukisnya disusun sedemikian rupa ke dalam pot hingga membentuk pohon kaktus, sehingga ia memberi nama produknya kaktus batu.

“Sebenarnya tidak hanya kaktus, ada juga variasi lain seperti kumbang dan lukisan tulisan dari batu juga. Tapi memang ide awal kepikirannya membuat kaktus batu ini,” jelasnya.

Niar juga menambahkan bahwa produk kaktus batu miliknya mungkin jadi yang pertama kali di Tuban. Kaktus batu yang dijualnya memiliki beberapa variasi ukuran dan bentuk. Mulai dari harga Rp 40.000- Rp 100.000.

“Kadang kita menyesuaikan juga tergantung pembeli request mau jumlah batu dan budget berapa. Karena kebanyakan kita made by order,” imbuhnya.

Kendati demikian, ia juga menyiapkan beberapa produk kaktus batu siap jual di taman miliknya (@sekarmeera.id), karena biasanya pembeli tidak datang dari daerah tuban saja sehingga seringkali kesulitan jika harus memesan terlebih dahulu. Meskipun usaha kaktus batu ini baru dirintisnya tahun 2020 kemarin, menurutnya hasil yang didapatkan terhitung lumayan.

“Alhamdulillah hasilnya lumayan, yang pesan juga banyak padahal awalnya karena gabut saat pandemi,” tutupnya. [din/ono]