Teh Telang Kemasan: Solusi Nikmati Minuman Herbal Praktis

Reporter: Dina Zahrotul Aisyi

blokTuban.com - Cilatoria Ternatea atau yang biasa dikenal dengan bunga telang ternyata memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Beberapa manfaat yang didapatkan dari bunga berwarna warna biru tersebut antara lain untuk meningkatkan daya ingat, menjaga kesehatan mata, mengurangi gangguan kecemasan, meredakan stress, dan kandungan antioksidan yang dimilikinya bisa mencegah penuaan dini (anti aging).

Cara mengkonsumsi bunga telang yang paling umum adalah diseduh untuk dijadikan teh. Bunga telang kering kemasan sudah banyak dijual di pasaran, namun untuk produk minuman herbal kemasan masih jarang. Oleh karena itu, Yuniar Ninda Wardani memiliki ide untuk meningkatkan nilai jual teh bunga telang dengan membuatnya menjadi minuman herbal kemasan.

Perempuan yang akrab disapa Niar tersebut menjelaskan bahwa awalnya orang tua sudah menjual produk keringnya saja, akan tetapi menurutnya akan lebih menarik ketika teh kering tersebut dibuat menjadi minuman kemasan yang bisa dikonsumsi secara praktis.

Berbekal ilmunya sebagai mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV), ia mulai mendesign produknya sendiri agar lebih menarik dan informasi manfaat produk bisa tersampaikan lebih baik kepada pembeli.

“Ini usahanya baru mulai, karena sedang senggang coba-coba design produknya sedemikian rupa terus baru coba promosi ke teman-teman sendiri, ternyata banyak yang suka dan menanyakan produknya,” terang Niar.

Teh telang yang dijualnya memiliki dua varian komposisi, yakni dengan lemon dan tanpa lemon. Teh yang tanpa lemon berwarna biru, sedangkan yang dengan lemon berwarna ungu.

“Sebenarnya untuk komposisi hampir sama, cuma teh telang yang biru ini kalau dikasih lemon/jeruk nipis warnanya berubah sendiri jadi ungu,” ungkapnya.

Komposisi teh yang dibuatnya antara lain: kembang telang, jahe, kayu manis, kapulaga, madu, dan air.
Selain disajikan hangat, teh bunga telang kemasan miliknya bisa ditambah dengan es agar lebih nikmat. Niar juga bercerita bahwa teh telang miliknya ini tidak berasa seperti minuman herbal, sehingga bisa dinikmati oleh semua kalangan, terutama yang tidak terlalu suka dengan wedang-wedangan.

“Temanku yang nggak suka minuman herbal (yang mengandung jahe dan rempah-rempah lain) kemarin habis minum ini, katanya enak dan segar,” terangnya.

Harga satu botol teh telang yang dijualnya sebesar Rp 10.000 dan dapat dipesan melalui platform online instagram @sekarmeera.id atau mengunjungi Sekarmeera Garden yang berlokasi di Jalan Jebayan, Perunggahan Kulon, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. [ali/mu]