Seni Karawitan Ramaikan Tradisi Manganan di Desa Klotok

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Kegiatan atau tradisi manganan sudah dilakukan sejak zaman nenek moyang dan sampai saat ini masih terus dilaksanakan, seperti di yang dilakukan oleh warga Dusun Ndolok, Desa Klotok, Kabupaten Tuban.

Para warga berbondong-bondong meraimaikan acara yang dibuat setiap tahunnya dibulan 9 atau bulan 10. Tradisi manganan atau yang biasa disebut dengan sedekah bumi ini berlangsung selama dua hari berturut-turut.

Acara manganan ini dilangsungkan di samping Tempat Pemakaman Islam Dusun Ndolok, dimulai pada hari Sabtu (25/09/2021) pukul 21.00 sampai pukul 23.00 WIB dengan rangkaian acara Tahlil dan juga Pengajian.

“Kemarin karena hujan jadinya jam sembilan baru mulai, Kiainya dari Tuban,” Ucap Marji (59) saat ditemui blokTuban.com ditempat acara.

Sedangkan acara pada hari Minggu yaitu seni karawitan dan Tayuban yang diadakan pukul 12.00 hingga 16.00 WIB. Sedangkan pada malam hari diadakan pada pukul 21.00 hingga 00.00 WIB.

Marji yang merupakan ketua pelaksana dari acara ini juga mengatakan bahwa manganan yang diikuti oleh seluruh warga Dusun Ndolok ini, mengikuti aturan protokol kesehatan seperti wajib memakai masker dan juga cuci tangan.

“Kami sudah menyediakan tempat untuk cuci tangan, jadi warga yang mau masuk cuci tangan dulu,” ungkapnya.

Dalam acara ini para warga bahu membahu membawa makanan dari rumah berupa nasi dan juga jajanan, yang nantinya makanan-makanan tersebut akan dibagikan.

“Makanannya ya dikasihkan ke warga lagi, kan nanti ada orang jualan, orang ngelihat juga banyak,” tuturnya.

Harapan diadakannya acara manganan ini adalah agar kehidupan masyarakat sekitar menjadi tentram, damai, guyub rukun dan terhindar dari segala masalah. [sav/lis]