Desa Bejagung Kejar Target 62 Persen Capaian Vaksin

Reporter: Dina Zahrotul Aisyi

blokTuban.com - Program vaksinasi Covid-19 di Tuban terus digencarkan sebagai upaya pencegahan Covid-19 dan membantu pembentukan kekebalan kelompok (herd immunity).

Desa Bejagung, Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban, pada (25/9) telah menyelanggarakan vaksin yang ke enam kalinya dengan harapan mampu mencapai target 62% capaian vaksin.

Aang Sutan, Kepala Desa Bejagung menjelaskan bahwa sampai pada hari ini jika targetnya bisa terlaksana maka total warga Bejagung yang telah dilakukan vaksinasi sebanyak 1.050 orang.

“Kita kejar target sampai bisa mencapai 62 persen per hari ini, karena parameter level PPKM itu mana kala jumlah penduduk yang sudah vaksin mencapai 60-70 persen di samping faktor lain seperti tingkat kesembuhan, warga yang isoman, dan sebagainya," tutur Aang, Minggu (26/9/2021).

Dalam mensosialisasikan vaksin tersebut, Aang mengaku bahwa harus menggerakan seluruh elemen masyarakat tidak hanya dari pemerintah desa saja, melainkan menggandeng komunitas-komunitas, tokoh agama, jamaah, dan kader-kader Posyandu.

Sosialisasi vaksin tersebut menurutnya harus dilakukan dengan pendekatan kekeluargaan dan dengan cara yang santun dan humanis sehingga masyarakat mampu memahami tujuan vaksinasi dan hak mereka untuk bisa mendapatkan vaksin.

“Kita memprioritaskan pada usia-usia produktif mulai remaja sampai dengan lansia karena risiko tinggi. Terlebih kepada para perempuan,” imbuhnya.

Menurut Aang, ibu-ibu akan banyak memiliki akses kepada anaknya sehingga harus diprioritaskan karena saat ini vaksin untuk anak-anak hanya bisa dilakukan ketika berusia 12 tahun ke atas.

Selain sosialisasi terkait vaksin, Pemerintah Desa Bejagung juga terus melaksanakan sosialisasi pasca vaksinasi. Hal tersebut penting karena masih banyak yang salah menilai setelah vaksinasi dapat menderita sakit dan berujung meninggal dunia.

“Kita harus terus-terus mensosialisasikan bahwa vaksin ini aman, karena sudah teruji secara klinis. Dengan sosialisasi yang santun dan humanis itu tadi akhirnya banyak masyarakat yang paham dan mengerti,” ungkap Kades Bejagung tersebut.

Edi (55), salah satu warga Desa Bejagung yang baru melaksanakan vaksinasi yang pertama kalinya mengaku bahwa sosialisasi dan kampanye vaksin di Bejagung memang bagus karena semua yang tinggal di sekitarnya sudah melaksanakan vaksinasi.

“Ini tinggal saya sama istri saya yang belum vaksin, baru vaksin karena kemarin habis sakit. Anak-anak saya juga semuanya sudah vaksin lengkap,” tutupnya. [din/col]