Pemuda 24 Tahun Ini Sulap Hobi Rawat Kucing Jadi Peluang Bisnis

Reporter : Savira Wahda Sofayana

blokTuban.com – Setiap orang pasti memiliki hobi masing-masing entah itu membaca buku, mendengarkan musik, menonton film, atau bahkan memelihara seekor binatang.

Seperti Arbaun (24) misalnya, saat ini ia memiliki usaha jual beli kucing peliharaan. Ia biasa menjual kucing-kucing miliknya dengan cara online melalui instagram, facebook, twitter ataupun whatsaap.

Pemuda asal Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban ini mengaku pernah menjual kucing miliknya ke kota Kediri dan juga Madiun, melalui jasa ekspedisi pengiriman barang.

“Lewat kereta biasanya dimasukin keranjang gitu,” ungkapnya saat ditemui blokTuban.com dikediamannya pada Kamis, (23/09/2021).

Arbaun memulai usaha jual beli kucing ini berawal dari ketertarikannya pada hewan tersebut, kemudian mengembang biakan kucing-kucing miliknya dan menjualnya sejak ia duduk dibangku SMA.

Ia berpendapat bahwa saat ini kucing yang paling diminati oleh masyarakat yaitu kucing jenis percebolan Munchkin yang dibreeding dengan Scottish Fold, harganya kisaran Rp7.000.000 bahkan lebih.

“Semakin kakinya cebol dan semakin telinganya menelungkup semakin mahal harganya,” jelasnya.

Lelaki ramah tersebut juga mengaku bahwa ia pernah menjual kucing-kucing miliknya dengan harga kisaran Rp. 3.000.000 dengan jenis kucing Persia Peaknose.

Meskipun keuntungan yang ia dapatkan tidak sebanding dengan perawatan kucing yang ia lakukan, namun Arbaun cukup senang menjalani usaha kucing tersebut.

Cara merawat kucing-kucing tersebut terlihat sederhana namun sulit, Arbaun harus selalu memperhatikan segala sesuatu yang ada pada kucingnya seperti makanan, perawatan, ataupun jenis penyakit yang dimiliki oleh peliharaannya tersebut.

Kendala yang dialaminya selama merawat kucing-kucing miliknya adalah saat kucing mengalami sakit ataupun melahirkan.

Bahkan Arbaun mengaku bahwa kucing yang ia rawat pernah melahirkan dan dibawa ke dokter hewan karena harus melahirkan secara cessar, tentunya dengan biaya yang tak sedikit. [sav/sas]