Wajib Dicoba! Resep Ikan Tombro Asam Manis Bikin Ketagihan

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Ikan Tombro atau yang sering disebut ikan mas merupakan ikan yang hidup di air tawar, dan suka hidup di perairan yang mengalir.

Ikan Tombro ini memiliki daging yang lembut dan juga lezat, jika dimasak rasanya pun tak kalah nikmat dengan Ikan Gurame. menemukan ikan ini pun tidak sulit karena sudah banyak di pasar-pasar terdekat.

Rifda warga Desa Patihan, Kecamatan Widang membagikan resep memasak Ikan Tombro Asam Manis yang super enak dan juga nagihin, cocok disantap saat makan siang.

Bahan yang diperlukan yaitu dua ekor Ikan Tombro/Emas, satu buah nanas, dua bawang bombai, 15 bawang putih, dua sendok makan maizena, saos tomat, saos cabai, kecap, garam, kaldu bubuk, dan lada bubuk.

"Tidak cukup sulit untuk memasak Ikan Tombro Asam Manis," ucap Rifda kepada blokTuban.com, Selasa (21/9/2021).

Langkah berikutnya menyiapkan dua ekor Ikan Tombro/Emas yang sudah disayat kemudian ditaburi dengan garam secukupnya dan jeruk nipis. Diamkan Ikan Tombro kurang lebih 10 menit, potong buah nanas secara tipis, iris dua buah bawang bombai sesuai selera, cincang bawang putih yang sudah disiapkan setelah itu bagi bawang putih menjadi dua bagian, dan panaskan minyak goreng.

Adapun langkah memasak Ikan Tombro Asam Manis yaitu goreng Ikan Tombro hingga kering kemudian tiriskan. Tumis bawang bombai dan juga setengah bawang putih yang sudah dicincang, kemudian masukkan potongan buah nanas yang sudah diiris tipis.

"Jika semua bahan yang ditumis sudah layu angkat dan tiriskan. Setelah itu tumis setengah bawang putih yang telah disisakan hingga harum," imbuhnya.

Berikutnya tambahkan saos tomat, saos cabai dan kecap secukupnya, lalu aduk hingga merata. Tambahkan air secukupnya lalu tambahkan garam, kaldu bubuk, dan lada bubuk secukupnya.

Jika air sudah mendidih, masukkan potongan buah nanas dan juga bawang bombai yang sudah ditumis kedalam masakan. Aduk hingga bumbu tercampur merata, tambahkan dua sendok makan tepung maizena yang sudah dicampur air dengan tujuan agar kuah dari bumbu masakan kental.

Koreksi rasa bumbu sebelum menyajikannya di atas Ikan Tombro. Setelah bumbu dirasa sudah sesuai dengan selera, kemudian tuangkan bumbu tersebut di atas Ikan Tombro yang sudah digoreng sebelumnya dan siap untuk disantap.

"Jadi sangat mudah bukan untuk memasak Ikan Tombro asam manis yang super enak, nagihin den yang pasti mengenyangkan. Selamat mencoba," tutupnya. [sav/col]