Umat TITD Kwan Sing Bio Tuban Rayakan Tiong Chiu, Doakan Ekonomi Segera Pulih

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Puluhan umat Konghucu di Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kwan Sing Bio Tuban menggelar perayaan Tiong Chiu, Selasa (21/9/2021) malam.

Perayaan Tiong Chiu tersebut dirayakan oleh umat Konghucu di setiap musim gugur tanggal 15 bulan 8 tahun Imlek, yang mana saat itulah waktu bulan purnama paling sempurna dalam setahun.

Adapun dalam perayaan Tiong Chiu di TITD Kwan Sing Bio Tuban, ada beberapa prosesi yang dilakukan mulai prosesi sembahyang dengan memanjatkan doa terbaik kepada Tuhan yang Maha Esa.

Kemudian, dilanjutkan dengan beberapa pasang remaja menikmati seduhan teh dan kue bulan yang dihidangkan di atas meja. Selain itu, ada pula yang menikmati suasana di atas perahu mengitari kolam sambil melihat pancaran bulan purnama dan mendengarkan suara kecapi.

"Pada momen tiong chiu ini umat merayakan dengan sederhana, minum teh dan makan kue bulan. Juga berdoa untuk bangsa dan negara," jelas Ketua Penilik Demisioner TITD Kwan Sing Bio Tuban, Alim Sugiantoro kepada wartawan.

Lebih lanjut Alim mengungkapkan, doa yang dipanjatkan dalam momen musim gugur bertepatan dengan bulan purnama ini adalah Covid-19 segera sirna.

Disamping itu ekonomi segera pulih, karena perekonomian juga sangat berpengaruh terhadap kemakmuran masyarakat.

Tokoh Konghucu itu meminta, agar perayaan Tiong Chiu yang dirayakan setahun sekali ini bisa dimanfaatkan betul bagi umat Konghucu dengan memanjatkan doa terbaik.

Umat juga harus mendukung upaya pemerintah dalam memutus penyebaran Covid-19, dengan menerapkan 5 M. Di antaranya, pakai masker, cuci tangan, jaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

"Doanya virus corona segera sirna, perekonomian bisa pulih dan Indonesia bisa kembali bangkit dari pandemi Covid-19," pungkasnya.[hud/ono]