Ponpes Langitan Adakan Haul Internasional yang ke-51 Secara Virtual

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Ponpes Langitan merupakan salah satu Pondok tertua di Pulau Jawa, yang didirikan oleh KH. Muhammad Nur pada tahun 1852 M. Banyak tokoh-tokoh besar dan pengasuh pondok pesantren yang dididik dan dibesarkan di Ponpes Langitan seperti KH. Kholil Bangkalan, KH. Hasyim Asy'ari, KH. Syamsul Arifin (ayahanda KH. As'ad Syamsul Arifin).

Sampai saat ini Ponpes Langitan masih terus berkembang dari masa ke masa,  dan kembali mengadakan perhelatan Haul KH. Abdul Hadi Zahid yang ke-51 dan masyayekh Ponpes Langitan pada Kamis,  (16/09/21).

KH. Abdul Hadi Zahid merupakan pengurus Ponpes Langitan generasi Ke-4, beliau merupakan putra menantu dari KH. M. Khozin, beliau menikah dengan Ning Juwairiyah pada usianya yang ke-25 tahun.

Tidak berselang lama KH. M. Khozin wafat dan kemudian digantikan oleh KH. Abdul Hadi Zahid, diusia yang masih sangat muda beliau mampu mengembangkan Ponpes Langitan dengan peningkatan yang sangat signifikan.

Hal ini dibuktikan dengan mulai dikembangkannya sistem pengajaran klasikal dengan berdirinya Madrasah Ibtidaiyah dan juga Madrasah Muallimin pada tahun 1949 M.

KH. Abdul Hadi Zahid memiliki keistimewaan berupa keistiqomahan dalam melakukan suatu hal, seperti salat berjamaah yang tak pernah absen, bahkan letak terompah dan jalan yang diambil ketika berjamaah selalu sama.

Pada tahun-tahun sebelumnya haul Langitan dilaksanakan dengan sangat meriah dengan dihadiri oleh ribuan orang. Namun berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini haul dilaksanakan secara virtual karena adanya wabah Covid-19 yang melanda Indonesia.

Haul Ponpes Langitan virtual ini bisa dilihat di YouTube resmi milik Ponpes Langitan yaitu Langitan Tv, selain itu haul virtual juga bisa diikuti dimasing-masing daerah yang diselenggarakan oleh pengurus KESAN seperti PCI, PW, PC, PAC, atau lembaga - lembaga lain yang telah terdaftar.

Acara Haul Internasional ini dibuka dengan simaan Khotmil Qur'an Bil Gholib yang bertempat di Musala Agung Ponpes Langitan Pada Rabu, (15/09/2021) pagi. Kemudian dilanjutkan dengan acara inti, pada keesokan harinya pada pukul 13.00 WIB yang juga disiarkan langsung  di YouTube Langitan Tv. [sav/sas]