Yuk, Kuliner Lontong Pincuk Warung Alas Tuwo Tuban

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Kuliner pagi di Kabupaten Tuban banyak pilihan mulai dari pecel, lontong sayur, nasi uduk, nasi kuning hingga soto yang punya rasa lezat dan nikmat untuk dicicipi.

Salah satu menu yang perlu dicoba adalah Lontong Pincuk Warung Alas Tuwo di Desa Tegalagung, Kecamatan Semanding. Menu ini hanya tersedia di hari minggu dengan jumlah porsi terbatas.

Cukup mudah menemukan Warung Alas Tuwo, lokasinya berada di tepi Ring Road atau Jalan Lingkar Tuban selatan Perumahan Bukit Karang. Pengunjung yang singgah dapat memilih tempat duduk antara di kursi atau lesehan.

Warung Alas Tuwo tidak menyediakan menu sarapan cukup banyak, Lontong Pincuk masih menjadi andalannya. Selain lontong, pecel pincuk juga menjadi menu yang diminati masyarakat yang sedang berolahraga di Ring Road.

"Per porsi lontong Rp8.000 plus telor. Setiap hari Minggu buka. Kalau porsi biasa Rp6.000," ucap Evi (33) pemilik Warung Alas Tuwo Tegalagung, Minggu (12/7/2021).

Lontong pincuk rasanya sedap, karena dibuat dari potongan lontong kecil-kecil disiram kuah sayur santan. Semakin nikmat karena ada gorengan tempe, telur dadar, irisan tahu, dan peyek.

Evi ditemani suaminya mengaku telah berjualan kurang lebih enam bulan terakhir. Setiap hari Minggu rata-rata 30 porsi lontong pincuk habis disantap pembeli. Selain makan di tempat, pelanggannya juga sering pesan secara online.

Selain makanan yang harganya terjangkau, minuman di Warung Alas Tuwo juga cuma Rp3.000 per gelas. Seperti kopi hitam, es teh, nutrisari, wedang jahe, teh anget, dan pop ice.

"Kadang juga menyediakan minuman Legen harganya Rp17.000 per botol air mineral besar," imbuh perempuan ramah itu.

Kendati demikian, legen tidak mesti tersedia stoknya di warung karena menyesuaikan stok yang ada dirumahnya. Bila pembeli legen di rumahnya ramai, minuman khas Tuban dari pohon Siwalan itu tidak dijual di Warung Alas Tuwo.

Selain menu sarapan yang sedap, nama warung juga cukup unik untuk didatangi pelanggan. Alas Tuwo adalah nama tempat di Tegalagung di masa lampau yang belum banyak diketahui sejarahnya. [ali/mu]