Peduli Umat, Kemenag Lakukan Gerakan Sejuta Vitamin

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Ratusan paket vitamin mulai dibagikan Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban kepada para warga yang terdampak pandemi Covid-19 dan kebijakan PPKM sejak tanggal 3 Agustus 2021.

Diantara titik droping bantuan paket vitamin tersebut adalah di kawasan GOR Rangga Jaya Anoraga Jalan Sunan Kalijaga Tuban. Para Pedagang Kaki Lima (PKL) dan abang becak salah satu sasaran penerimanya.

Kepala Kantor Kemenag Tuban, Sahid ketika dikonfirmasi blokTuban.com mengatakan pemberian paket vitamin ini menindaklanjuti SE Menteri Agama dan himbauan Dirjen Bimas Islam Kemenag RI perihal gerakan sejuta vitamin. Kemudian Kemenag Tuban bersama para ASN khususnya penyuluh agama Islam menindaklanjutinya.

"Kebetulan di Kemenag ada unit pengumpul zakat sehingga setiap bulan para ASN dipungut zakat. Zakat yang terkumpul salah satunya untuk menyukseskan gerakan sejuta vitamin yang akan disalurkan di 20 kecamatan," kata Sahid, Rabu (4/8/2021).

Untuk jangka waktu gerakan ini, lanjut Sahid tidak diatur secara teknis. Intinya harus segera dilakukan karena banyak warga yang butuh uluran tangan kita.

Keseluruhan ada 510 paket vitamin yang rencananya dibagikan di 20 kecamatan. Isi paketnya ada beberapa macam yaitu beras, masker, minyak kayu putih, dan susu.

Sebelum droping bantuan ke lapangan, Sahid juga membuka acara peduli umat di masa PPKM Darurat Pandemi Covid-19 bersama Penyuluh Agama Islam tahun 2021 di Kantor Kemenag Tuban.

Dalam kesempatan itu, diserahkan pula bantuan paket vitamin kepada penerima secara simbolis. Tak lupa, Kemenag juga terus mengajak seluruh penyuluh agama Islam menjadi contoh dan teladan di masyarakat dalam penerapan protokol kesehatam 3M. [ali/mu]