Dua Rumah di Trantang Terbakar, Kerugian Capai 100 Juta Lebih

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Dua rumah milik warga Dusun Sumberagung, Desa Trantang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, Senin (2/8/2021) sekitar pukul 20.15 WIB terbakar.

Beruntung dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa. Namun akibat kejadian tersebut kerugian pemilik rumah diperkirakan mencapai sekitar Rp105 juta.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, Yudi Irwanto mengatakan, kejadian kebakaran hebat di Dusun Sumberagung, Desa Trantang tersebut menimpa dua rumah warga, yakni milik Kasjan (63) dan Nakim (42).

"Rumah Bapak Kasjan dengan ukuran 6×12 meter habis terbakar, sedangkan rumah Bapak Nakim rusak sebagian," jelas Yudi Irwanto saat dikonfirmasi.

Lebih lanjut dia menjelaskan, berdasarkan keterangan dari beberapa saksi kronologi kejadian itu berawal saat pemilik rumah membakar sampah yang tidak jauh dari tempat kejadian. 

Dan waktu itu, korban tidak menyadari bahwa di dalam rumah miliknya tersimpan pakan ternak berupa kulit (kobot) jagung kering. 

"Berhubung api terkena hembusan angin sehingga api menyulut pakan ternak tersebut dan mengakibatkan rumah kandangnya terbakar," imbuhnya.

Selanjutnya, Bapak Kasjan yang pada saat itu berada tidak jauh dari lokasi kejadian melihat rumah kandangnya terbakar dan langsung meminta bantuan ke Polsek Kerek untuk selanjutnya menghubungi Damkar BPBD Tuban. 

Tim Damkar BPBD Tuban yang mendapatkan laporan kejadian itu langsung mengerahkan satu unit mobil Damkar dan dua unit Water Suplay ke tempat kejadian.

"Setelah sampai ke tempat kejadian kebakaran, petugas kemudian melakukan penanganan kebakaran sampai padam  dan dilanjutkan pembasahan," pungkasnya.[hud/ono]