Ringankan Beban Warga, Lapas Salurkan 50 Paket Sembako

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Lapas Kelas IIB Tuban menyalurkan 50 Paket Sembako kepada masyarakat sekitar yang terdampak pandemi Covid-19, Kamis (29/7/2021). Program sosial bertema Kumham Peduli, Kumham Berbagi tersebut merupakan inisiasi Kementerian Hukum dan HAM RI dan diselenggarakan secara serentak di seluruh Indonesia.

Kegiatan yang dipusatkan secara virtual di Graha Pengayoman, Jakarta itu dipimpin langsung Menkumham Yasonna H Laoly. secara simbolik Kepala Lapas Tuban Siswarno menyerahkan kepada tiga warga penerima paket.

Penyerahan bantuan didistribusikan langsung oleh petugas Lapas Tuban di lima lokasi kelurahan berbeda yaitu, Sendangharjo, Kedungombo, Prunggahan, Kutorejo, dan Karang. Sesuai protokol Kesehatan pembagian paket sembako diberikan langsung dengan menyisir rumah penerima bantuan agar tidak terjadi kerumunan.

Selain masyarakat, bantuan tersebut juga diserahkan kepada empat petugas Lapas yang menjalani isolasi mandiri di rumah.

Siswarno mengatakan bahwa bantuan yang diserahkan di setiap individu penerima paket senilai Rp150.000 l adalah bahan pokok berupa lima kg Beras, satu kg gula, satu liter minyak goreng, satu kaleng sarden ukuran besar, 10 mie instan, dan susu.

Sebelumnya Lapas telah melakukan survei dan berkoordinasi dengan petugas setempat untuk menemukan warga yang sangat membutuhkan.

“Kami telah melakukan survei dan koordinasi untuk mendapatkan data akurat penerima bantuan,” katanya.

Pria asal Mrutuk Widang tersebut menjelaskan sumber dana berasal dari gotong royong Petugas Lapas Tuban. Dia berharap bantuan yang diberikan dapat meringankan warga terdampak dalam menghadapi terpaan pandemi.

“Kami berharap bantuan dari jajaran Lapas Tuban dapat meringankan beban saudara-saudara kita yang terdampak pandemi,” jelasnya.

Perlu diketahui bahwa kegiatan ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia. Jumlah total bantuan yang disalurkan seluruh Indonesia sebanyak 46.614 paket sembako didistribusikan kepada masyarakat terdampak pandemi. [ali/ono]