07:00 . Mau Anak Tumbuh Tinggi dan Sehat, Coba Terapkan Lima Kebiasaan Berikut   |   17:00 . Penyakit Kambuh, Pencari Ikan Meninggal di Sungai   |   12:00 . Anak Korban Covid-19 Diajak Satlantas Tuban Main Badut dan Berwisata   |   11:00 . Ini Rahasia Warga Sejuwet Tetap Fit dan Jaga Imun   |   09:00 . Harhubnas 2021, Kadishub: Transportasi di Tuban Semoga Segera Bangkit   |   08:00 . Yatim Piatu Tuban Korban Covid-19 Diangkat Anak Asuh Polantas   |   20:00 . Sempat Blokir Jalan, 2 Sopir Truk Pengangkut Sapi dan Orang Akhirnya Minta Maaf   |   19:00 . Lutfi Firmansyah Ditunjuk Jadi Ketua Fraksi Gerindra DPRD Tuban   |   18:00 . Polisi Sisir Pangkalan Truk, Buru Penabrak Pemotor Wanita di Tuban   |   16:00 . Dinas Dukcapil Serahkan Dokumen Kependudukan Bagi Klien UPT Rehabilitasi Sosial Eks Kusta   |   15:00 . Dinas Dukcapil Jemput Bola Fasilitasi Penerbitan Akta Kematian Covid-19   |   14:00 . 30 Tahun Eksis, Intip Kisah Kastri Penjual Pelas Palang Tertua   |   13:00 . Ponpes Langitan Adakan Haul Internasional yang ke-51 Secara Virtual   |   12:00 . Jadi Korban Tabrak Lari, Wanita di Tuban Meninggal Dunia di Tempat   |   11:00 . Pelatihan Tim Pelaksana Program Patra Daya Libatkan 9 Desa   |  
Sat, 18 September 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Hati-hati Calo Plasma Sudah Berkeliaran di Tuban

bloktuban.com | Thursday, 29 July 2021 14:00

Hati-hati Calo Plasma Sudah Berkeliaran di Tuban

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Keluarga pasien Covid-19 yang sedang membutuhkan plasma konvalesen perlu lebih hati-hati karena sudah ada calo plasma yang berkeliaran di Kabupaten Tuban, Kamis (29/7/2021).

Calo tersebut memanfaatkan momentum tingginya permintaan plasma di UDD PMI setempat. Keberadaan calo plasma telah diantisipasi oleh PMI Kabupaten Tuban.

"Jadi calo itu dia memanfaatkan keluarga pasien yang sudah panik dan bingung mencari plasma konvalesen," kata Humas UDD PMI Tuban, Sarju Efendi ketika dikonfirmasi blokTuban.com.

Adapun pola penipuan yang dilakukan, lanjut Sarju bahwa calo tersebut menghubungi keluarga pasien dengan dalih bilang bisa membantu mendapatkan plasma secara cepat. Dengan alasan mungkin ia bisa koordinasi dengan petugas PMI, atau kenal orang dalam PMI. Ujung-ujungnya meminta imbalan sejumlah uang yang diminta transfer di muka.

Berikutnya calo tersebut menghubungi keluarga pasien yang bingung mencari plasma dengan alasan bisa membantu dengan mempunyai calon pendonor plasma. Nanti juga bisa dipertemukan di suatu tempat dan dia meminta imbalan sebelum dipertemukan antara keluarga pasien tersebut dengan calon pendonor dari calo tersebut.

"Ini barusan saya alami juga, saya dapat telpon dari keluarga pasien "X"  yang di Rawat di RS Surabaya. Keluarga tersebut barusan dihubungi nomer baru mengatasnamakan calon pendonor plasma atas nama "Y" yang sudah ambil sampel dan cek titer antibodi di PMI Tuban," imbuhnya.

Pendonor "Y" tersebut siap mendonorkan plasma untuk pasien "X", dan dia meminta imbalan uang karena sudah cek titer dan ambil sampel di PMI untuk keluarganya (pasien "X"). Beruntung keluarga pasien X mengkonfirmasi ke PMI Tuban hari ini ada calon pendonor atas nama Y yang sudah ambil sampel.

"Akhirnya saya jawab tidak ada karena kebetulan saya yang jaga hari ini. Keluarga tersebut akhirnya bilang berarti aku ditipu dan untungnya konfirmasi PMI Tuban dulu," terangnya.

Di hari berbeda, Sarju menceritakan juga pernah ada pasien dirawat di RS Tuban. Keluarga sudah share ke semua media, WA, IG dan FB semua dengan menyertakan kontak person keluarga pasien yang bisa dihubungi.

Hal tersebut dimanfaatkan juga oleh orang tidak dikenal dan mengatakan sudah mengambil sampel di PMI Bojonegoro dan mengirimkan foto-foto saat ambil sampel tapi tidak ada wajah calon pendonornya.

Calon pendonor tersebut menghubungi keluarga pasien di Tuban meminta uang untuk transpot pulang dari PMI Bojonegoro alasannya. Beruntung juga keluarga pasien yang butuh plasma tersebut punya nomer Humas PMI.

Sarju menghimbau kepada semua keluarga pasien Corona untuk waspada. Bila ada oknum yang mengaku akan mengenalkan ke pendonor, lebih baiknya cek n ricek dulu ke Kantor PMI Kabupaten Tuban.

"Info dari luar Tuban si calo ada yang minta Rp1.5 juta ke keluarga pasien," tandasnya. [ali/ono]

 

Tag : calo plasma, tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more