Gandeng Mahasiswa, Kapolres Tuban Bagikan Bansos Kepada Warga Terdampak Covid-19

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Kepolisian Resor (Polres) Tuban terus membagikan Bantuan Sosial (Bansos) berupa beras ke sejumlah titik. Hal itu sebagai upaya meringankan beban masyarakat kurang mampu yang terdampak Covid-19.

Malam ini, Rabu (28/7/2021) kegiatan pembagian bansos dilakukan oleh jajaran Polres Tuban dengan menggandeng elemen mahasiswa.

Sedikitnya ada sekitar 100 bungkus beras yang dikemas dalam kantong 5 kilogram serta 350 masker dibagikan kepada para pedagang kaki lima, tukang becak maupun masyarakat kecil lainnya yang terdampak Covid-19 di Tuban.

Sasaran pertama, pembagian bansos dilakukan di seputaran Jalan Pemuda Tuban, kemudian dilanjutkan menuju Jalan Ronggolawe serta Area Parkir Wisata Pantai Boom Tuban.

"Malam ini kita bagi sembako kepada pedagang kecil bersama adik-adik mahasiswa dari HMI, PMII dan GMNI. Mudah-mudahan kepedulian kita bersama ini bisa meringankan masyarakat yang terdampak Covid-19, setiap malam akan kita laksanakan," terang Kapolres Tuban, AKBP Darman.

Pihaknya menambahkan, setiap malam akan melaksanakan kegiatan pembagian bansos kepada masyarakat terdampak PPKM level 4 yang ada di Kabupaten Tuban.

"Setiap malam kita laksanakan, kita sediakan minimal 100 paket untuk masyarakat yang terdampak khususnya para pedagang kecil," imbuhnya.

Disinggung tentang ketentuan khusus dalam PPKM level 4 tahap ke-2, Kapolres Tuban menjelaskan, ada sedikit kelonggaran dalam penerapan aturan.

"Semula jam 8 malam sekarang ada kelonggaran sampai jam 9 malam, kalau makan ditempat ketentuannya maksimal 20 menit. Harapanya walaupun diperbolehkan makan ditempat tetap patuhi protokol kesehatan dengan menjaga jarak," tutur mantan Kapolres Sumenep tersebut.

Sementara itu, terkait keterlibatan mahasiswa dalam pembagian bansos tersebut, AKBP Darman menjelaskan, penanganan covid-19 merupakan tanggung jawab bersama.

"Biar semuanya merasakan, semua ikut peduli bahwa ternyata kalau melihat masyarakat terdampak betapa prihatinnya kita, biar tumbuh rasa kepedulian," pungkas Darman.[hud/sas]