Takut Terpapar Covid-19, Pedagang Pasar Tradisional Taat Prokes

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Upaya mencegah penyebaran Virus Corona (Covid-19) terus dilakukan oleh TNI-Polri saat PPKM Darurat diberlakukan, kali ini melalui Babinsa dan Bhabinkamtibmasnya menyasar Pasar Tradisional.

Warsinah (57) salah satu pedagang sayur di Pasar Samudra Beji, Kecamatan Jenu menanggapi positif patroli imbauan yang dilakukan Babinsa dan Bhabinkamtibmas ini. Menurutnya para pedagang dan pengunjung lebih tenang dengan kehadiran para petugas.

“Kami merasa lebih aman dan tenang, dimana petugas datang ke Pasar Tradisional ini dan memberikan imbauan. Alhamdulilah sebagian besar pedagang di Pasar Samudra Beji ini telah menerapkan Protokol Kesehatan. Kami juga takut tertular Pak,” Kata Ibu Lastri pedagang sayur asal Karangsari.

Bati Tuud Ramil 0811/15 Jenu Pelda A. Zainul yang memimpin pelaksanaan kegiatan dengan memberikan imbauan Prokes di Pasar Samudra Desa Beji, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jumat (23/07/2021).

“Kami berikan imbauan secara humanis kepada seluruh pengunjung dan pedagang di Pasar Tradisional ini, agar lebih memperhatikan Protokol Kesehatan (Prokes) dengan selalu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun, menjauhi kerumunan dan membatasi mobilitas di luar rumah,” sambungnya Pelda A. Zainul.

Kegiatan semacam ini akan terus dilakukan dengan sasaran tempat keramaian yang ada di wilayah Kecamatan Jenu. Tujuannya supaya warga masyarakat paham dan sadar betul bahwa pentingnya disiplin mematuhi Prokes dengan cara 5M, agar bisa memutus penyebaran Covid-19 yang ada di Jenu.

Selain patroli dengan memberi edukasi, TNI-Polri juga gencar menggelar vaksinasi massal di beberapa tempat. Percepatan vaksin salah satu tujuannya untuk membentuk herd imunity atau kekebalan kelompok.

Vaksinasi warga di Kabupaten Tuban telah menyasar para lansia dan orang dewasa. Saat ini juga terus digencarkan vaksinasi anak-anak atau pelajar mulai usia 12-17 tahun. Harapannya ketika pembelajaran tatap muka dimulai, daya imun pelajar akan lebih baik. [ali/col]