Semangati Anak-anak Raih Prestasi, TPPI Tuban Rutin Kucurkan Beasiswa

 

blokTuban.com – PT. Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI)  berkomitmen memberikan nilai tambah terhadap masyarakat lingkungan. Beragam bentuk program Corporate Social Responsibility (CSR) pun telah diwujudkan oleh perusahaan yang bergerak di bidang Industri Produk dari Pengilangan Minyak Bumi, Industri Bahan Kimia dan Barang dari Bahan Kimia tersebut  dalam rangka mewujudkan cita-cita untuk dapat tumbuh bersama masyarakat dan lingkungan, tak terkecuali di bidang pendidikan.

 

Di tengah  himpitan pandemi Covid-19 kali ini, perusahaan yang berdiri 13 November 1995 lalu itu kembali menyerahkan program bantuan pendidikan tahun 2021 kepada siswa/siswi berprestasi dan kurang mampu di sekitar operasi kilang.

 

PR & CSR Section Head PT. TPPI, Taheran Sidik Prabowo ST. MM. menjelaskan, Progam beasiswa dan bantuan pendidikan ini merupakan program TPPI yang dilaksanakan secara rutin setiap tahun. Program beasiswa bagi siswa siswi berprestasi merupakan program untuk memberikan semangat bagi peserta didik agar mereka berlomba-lomba dan bersaing secara sehat untuk meraih prestasi.

 

Selain itu ada program bantuan pendidikan bagi siswa siswi yang kurang mampu agar dapat melanjutkan sekolah kejenjang lebih tinggi. Sehingga cita-cita mulia dapat diraih dengan mudah.

 

Tuntuan masyarakat yang menginginkan penyerapan tenaga kerja lokal bisa masuk bekerja di perusahaan sangat lah tinggi. Meskipun saat ini data di perusahaan menunjukan, komposisi tenaga kerja lokal yang terserap sudah hampir 40%. Kuota tersebut terdiri dari tenaga kerja non skill sampai skill.

 

Kendati begitu, masyarakat sekitar menilai belum cukup, perusahaan pun memaklumi. Agar CSR dapat merata, PT. TPPI  melakukan mapping mengenai status sosial terutama bidang pendidikan di masing-masing desa ring satu. Alhasil, terdapat kesenjangan antara kebutuhan perusahaan dengan status pendidikan masyarakat sekitar.

 

Dari data tersebut, peerusahaan mengeluarkan kebijakan untuk membantu masyarakat agar memperkecil kesenjangan. Yakni, membuat program-program dibidang pendidikan dan pelatihan yang sinergi dengan bidang kerja yang dibutuhkan oleh perusahaan.

 

Pada penyusunan rencana kerja dan anggaran tahun 2022, Taheran Sidik Prabowo menambahkan program bidang pendidikan dan pelatihan yang meliputi beasiswa program pendidikan D3 bagi siswa lulusan SMA/SMK berprestasi  yang diutamakan. Selain itu beberapa program pelatihan ketrampilan khusus akan ditambah jenis pelatihan dan anggarannya.

 

Selain program pendidikan dan peningkatan kompetensi, mutu pendidikan juga menjadi perhatian perusahaan. Untuk itu anggaran bantuan sarana dan prasarana pendidikan juga diajukan untuk penambahan anggarannya.

 

Segendang seirama dengan Taheran, GM PT. TPPI, Sugiyo menuturkan, bahwa program CSR perusahan tidak terbatas pada pendidikan. Melainkan ada bantuan-bantuan yang telah diserahkan di kesempatan dan waktu yang berbeda.

 

Pihaknya berharap, bantuan ini bermanfaat untuk siswa dan orang tua sehingga kelak anak didik di sekitar operasi kilang bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Syukur-syukur ke depan bisa menjadi sumber men power di PT TPPI.

 

Salah satu orang tua penerima beasiswa bernama Winarti menyambut positif upaya PT TPPI tersebut. Beasiswa ini diharapkan terus berkelanjutkan karena merupakan program baik yang mendukung anak-anak di sekitar perusahaan mengejar mimpinya. Jika sebelumnya anak-anak di Remen hanya puas setelah tamat SD atau SMP, sekarang harapan untuk melanjutkan SMA ataupun kuliah terbuka lebar.

 

Hal senada juga dilontarkan Kepala SDN Purworejo, Sukemi. Ia bermimpi, beasiswa tersebut berkelanjutan sehingga anak didiknya sukses belajar dan barokah ilmu yang diperolehnya. Sehingga generasi muda masa depan di wilayah ring satu PT TPPI berguna dan berbakti kepada orang tua, bangsa, dan agama. [rof]