Rayakan Idul Adha, TPPI Salurkan Hewan Kurban untuk Masyarakat Tuban

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - PT. Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) Kabupaten Tuban tetap berbagi hewan kurban kepada masyarakat sekitar operasi kilang pada Idul Adha 1442 H / tahun 2021, sekalipun di tengah pandemi Covid-19 yang belum mereda, Selasa (20/7/2021).

Pada tahun ini, TPPI menyalurkan lima ekor sapi, dua ekor diantaranya untuk Pemerintah Kabupaten Tuban dengan berat 527 Kilogram dan 508 Kg. Tiga ekor sapi diserahkan kepada desa ring yaitu Desa Remen, Tasikharjo, dan Purworejo Kecamatan Jenu.

Selain sapi, perusahaan juga menyerahkan lima ekor kambing kepada Masjid Desa Sugihwaras satu ekor, Masjid Desa Temaji satu ekor dan Masjid Kecamatan Jenu tiga ekor kambing.

Ditambah tiga ekor sapi bantuan kurban dari karyawan TPPI yang pelaksanaan kurbannya dilakukan di internal TPPI dan daging kurban dibagikan ke masyarakat sekitar Kilang khususnya anak- anak Yatim/Piatu.

Pada Idul Adha 1441 H lalu, TPPI membagikan empat ekor sapi dan empat ekor kambing. Tahun ini jumlah hewan yang dibagikan semakin banyak dengan jumlah total 13 ekor.

Secara simbolis penyerahan hewan kurban diserahkan oleh tim PR & CSR TPPI kepada perwakilan penerima di masing-masing tempat.

"Alhamdulillah pada tahun ini kami TPPI membagikan hewan kurban lebih banyak dari tahun sebelumnya baik untuk Pemda dan masyarakat sekitar operasi perusahaan, meskipun dalam kondisi pandemi covid-19, dan yang lebih bersyukur lagi bahwa teman2 pekerja sudah mulai tergugah kesadarannya dengan menyalurkan hewan kurban melalui pengelolaan perusahaan, biasanya teman-teman pekerja menyalurkan hewan kurban diwilayah tempat tinggal masing-masing, meskipun baru sebagian kecil dari jumlah karyawan tetapi hal ini merubakan perubahan  besar, karena hal yang paling sulit dalam merubah sesuatu adalah merubah Maindset seseorang, semoga kedepan semakin banyak karyawan yang berpartisipasi dalam pelaksanaan kurban sehingga bisa disalurkan ke masyarakat yang lebih luas lagi, dan secara bertahap akan membentuk kekompakan serta jalinan silaturahmi yang kuat antar karyawan yang pada akhirnya secara psikologis juga akan berpengaruh pada etos kerja setiap individu, peningkatan produktivitas serta dalam jangka panjang tentunya akan membentuk company image yang lebih baik,” kata PR & CSR Section Head PT. TPPI, Taheran Sidik Prabowo ketika dikonfirmasi blokTuban.com.

Bantuan hewan kurban yang dilaksanakan melalui program Coorporate Social Responsibility (CSR) merupakan bentuk kepedulian perusahaan pendukung produksi BBM nasional terhadap lingkungan. Selain itu, juga untuk meningkatkan ikatan sosial dengan masyarakat sekitar di tengah kesulitan pandemi.

TPPI Tuban terhitung rutin berbagi hewan kurban setiap tahun. Meski saat ini masih dalam situasi pandemi, perusahaan tetap merayakan Idul Adha bahkan jumlahnya dapat ditingkatkan. Semangat berkurban menjadi inspirasi bagi perusahaan untuk berbagi dengan masyarakat sekitar.

Dengan berbagi hewan kurban, lanjut Taheran juga dapat menambah keimanan dan ketaqwaan karyawan dan keluarga besar PT. TPPI Tuban kepada Tuhan Yang Maha Esa. Karena mereka dapat memberi manfaat kepada masyarakat sekitar perusahaan.  

Pemberian bantuan hewan kurban dan pelaksanaannya di masa pandemi juga dapat membantu dan memberikan kebahagiaan masyarakat. Bagi umat muslim merupakan kegiatan yang sangat dinanti, dengan berkumpul dan makan bersama dengan seluruh keluarga.  

"TPPI berpesan kepada seluruh panitia pemotongan hewan kurban di desa, kecamatan atau tempat lainnya untuk selalu waspada dan menjalankan protokol Covid-19 sekaligus surat edaran Bupati pelaksanaan Idul Adha. Penerima dan panitia kurban akan sama-sama sehat bila prosesnya dilakukan dengan cara mematuhi protokol," pungkasnya. [ali/sas]