Napi Lapas Tuban Buat Minyak Kayu Putih

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Lapas Kelas IIB Tuban kembali menyuling daun kayu putih sebanyak satu ton untuk dijadikan minyak kayu putih, Jumat (18/6/2021) pagi.

Penyulingan kesekian kalinya tersebut, melibatkan tiga orang petugas dan tiga orang narapidana dengan dipantau langsung oleh Kalapas Tuban, Siswarno.

Siswarno mengatakan kegiatan tersebut untuk pemberdayaan dan pelatihan Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Tuban yang ditempatkan di kawasan Wahana Asimilasi Edukasi yang ada di BKPH Merakurak, KPH Tuban.

“Kami mendapat bantuan berupa bahan baku daun kayu putih sebanyak satu ton dari Perhutani, selanjutnya langsung kami suling disini,” katanya.

Ayah dua anak tersebut menuturkan bahwa dalam proses penyulingan dibagi menjadi dua tahap yaitu penyulingan pertama dan kedua yang masing-masing dengan bahan baku 500kg.

Dia lanjut menjelaskan dari satu ton atau 1000 kg bahan baku menghasilkan lima liter minyak kayu putih. Selanjutnya pihaknya akan mengemas dan menjual hasil olahan kayu putih.

“Alhamdulilah sudah menghasilkan lima liter minyak kayu putih premium, dan ini murni minyak kayu putih, bukan campuran seperti yang beredar di pasar,” jelasnya.

Selain penyulingan minyak kayu putih, juga terdapat berbagai pembinaan dan pelatihan di lokasi Wahana Lokasi Edukasi itu. Pasalnya, di kawasan lahan milik Perhutani itu terdapat beberapa jenis pemberdayaan, seperti ternak ayam petelur, pertanian, budidaya lele, serta perkebunan buah dan porang. [ali/ono]