Harga Ayam Broiler Turun, Pembeli Masih Protes

Reporter: Nur Malinda Ulfa

blokTuban.com – Terpantau harga Ayam Broiler di Pasar Baru Tuban alami penurunan harga, penurunan ini terjadi secara berangsur paska lebaran hari ke lima, Selasa (1/6/2021).

Menurut salah satu penjual ayam broiler di pasar Tuban yakni, Suratmi (50), harga ayam broiler telah mengalami penurunan secara bertahap. “Iya Sih sudah turun secara bertahap, mulai dari lebaran hari ke lima. Awalnya dulu harga sampai Rp 38.000 per Kilogramnya, namun saat ini sudah turun menjadi Rp 33.000 per Kilogramnya,” tutur Suratmi.

Menurutnya, meski perlahan harga mulai turun, pelanggan yang sering membeli di lapak dagangannya masih terus mengeluh. Karena harga yang dirasa masih begitu mahal, dengan kondisi perekonomian yang masih sulit ini.

“Meskipun mulai turun, pembeli masih sering mengeluh dan protes. Katanya harganya masih dibatas wajar, kalau mereka protes gitu saya ya Cuma bisa diam saja,” ungkapnya.

Nurindah (31), salah satu pelanggan yang membeli ayam di Suratmi mengeluhkan harga ayam yang masih terbilang mahal.

“Masih mahal ini mbak, seharusnya kan disamakan gitu sama kondisi saat ini. Seharusnya malah murah, la ini semuanya tambah mahal,”kata Nurindah, warga asal Semanding.

Terpantau menurut data Siskaperbapo yaitu sistem informasi ketersediaan dan perkembangan harga bahan pokok di Jawa Timur, harga daging sapi murni di kisaran Rp110.000 per kilogram, harga daging ayam broiler Rp32.333 per kilogram, daging ayam kampung Rp66.666 per kilogram serta ayam ras/petelur Rp22.500 per kilogram.