75 Anak Ikut Khitan Massal di Haul Asmoroqondi

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Sejumlah 75 anak mengikuti khitan massal gratis di Haul Agung Syech Maulana Ibrahim Asmoro Qondi (Ayah Sunan Ampel) tahun 2021 bertempat di halaman masjid setempat, Selasa (1/6/2021).

Sebelum prosesi khitan massal, peserta khitan diajak berziarah bersama di makam Syekh Asmoroqondi. Khitan gratis tersebut dikawal oleh TNI setempat.

Akmal (10) salah satu peserta khitan asal desa sekitar, mengaku senang bisa ikut khitan gratis. Awalnya ia takut merasakan sakit, tapi setelah dikhitan rasanya berbeda dari bayangannya.

"Awalnya takut tapi lega setelah dikhitan," katanya.

Sementara, Babinsa Gesikharjo Koramil 0811/02 Palang, Koptu Nur Ikhsan yang hadir di lokasi menyampaikan, kegiatan sunatan massal ini sudah merupakan agenda rutin setiap tahun.

"Perserta berasal dari anak-anak di wilayah Tuban. Ada juga beberapa anak yang datang dari wilayah sekitar,” kata Ikhsan.

Ia berharap, kegiatan ini bisa membantu meringankan beban ekonomi bagi warga. Sekaligus peserta sunatan massal ini mendapatkan berkah dan menjadi anak yang saleh dan bertaqwa kepada kedua orang tua.

Selain melakukan pengamanan, Babinsa juga memberikan himbauan Prokes bagi para peserta yang tidak membawa masker guna memutus penyebaran Virus Covid-19, dan juga menghimbau agar para peserta yang sudah selesai melaksanakan khitan agar tidak berkumpul, serta tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Sebagai aparat keamanan kita tetap mengantisipasi, tetap melakukan pemantauan, pengamanan, serta membantu dalam hal penerapan Protokol Kesehatan dan physical distancing bagi para peserta khitan massal," tandasnya. [ali/ ]