Kemenag Jatim Pastikan Broadcast Indonesia Dilarang Masuk Arab Hoax

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Broadcast yang menyebutkan otoritas Saudi Arabia belum mengizinkan warga negara Indonesia untuk berkunjung beredar dalam pesan WhatsApp (WA).

Dalam broadcast update per 29 Mei 2021 itu menyebutkan dimulai pada tanggal 30 Mei 2021 pukul 01.00 waktu Saudi Arabia, otoritas Saudi Arabia mencabut larangan masuk bagi 11 dari 20 warga negara yang sebelumnya dilarang untuk mengunjungi Kerajaan Saudi Arabia.

Rincian 11 negara tersebut adalah, Amerika Serikat, Inggris, Irlandia, Italia, Jepang, Jerman, Perancis, Portugal, Swedia, Swiss dan Uni Emirate Arab.

Sedangkan, 9 negara yang masih belum diizinkan untuk berkunjung ke Saudi Arabia adalah Afrika Selatan, Argentina, Brazilia, India, Indonesia, Lebanon, Mesir, Pakistan dan Turki.

Terakhir, dalam isi broadcast itu juga disebutkan data tersebut bersumber dari Kementerian Dalam Negeri Saudi Arabia.

Menanggapi terkait hal itu, Kabid PHU Kemenag Jatim Dr. H. Nurul Huda, menegaskan, informasi yang beredar terkait 9 negara yang belum diizinkan untuk berkunjung ke Saudi Arabia itu hoax.

"Informasi itu hoax," jelas pria yang juga sekaligus sebagai Plt Kanwil Kemenag Jatim itu usai menghadiri acara peresmian Ma'had Aly Desa Bejagung, Minggu (30/5/2021).

Dia juga menepis keras jika broadcast terkait larangan warga negara Indonesia berkunjung ke Saudi Arabia itu dikaitkan dengan hutang luar negeri dan vaksin sebagai mana yang beredar.

"Yang jelas informasi itu hoax. Terkait dengan pemberangkatan haji tahun ini pihaknya masih menunggu informasi resmi dari Pemerintah Indonesia dan yang punya rumah dalam hal ini Saudi Arabia," pungkasnya.[hud/col]

Sekadar diketahui, Broadcast yang beredar itu berisi:

*Breaking News*

Update per 29 Mei 2021

Dimulai pada tanggal 30 Mei 2021 jam 0100 waktu Saudi Arabia, otoritas Saudi Arabia mencabut larangan masuk bagi 11 dari 20 warga negara yang sebelumnya di larang untuk mengunjungi Kerajaan Saudi Arabia.

11 negara tersebut adalah : 

1. Amerika Serikat.

2. Inggris

3. Irlandia

4. Italia

5. Jepang

6. Jerman

7. Perancis

8. Portugal

9. Swedia

10. Swiss

11. Uni Emirate Arab

9 negara yang masih *belum* diizinkan untuk berkunjung ke Saudi Arabia :

1. Afrika Selatan

2. Argentina

3. Brazilia

4. India

5. Indonesia

6. Lebanon

7. Mesir

8. Pakistan

9. Turki

Sumber : Kementerian Dalam Negeri Saudi Arabia.