Kerangka Mayat Tanpa Identitas Ditemukan Menggantung di Akar Pohon

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Warga Desa Sumberjo, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban digemparkan dengan penemuan kerangka mayat tanpa identitas di kawasan hutan Petak 10 RPH Sigagak, BKPH Sundulan, KPH Tuban, Minggu (23/5/2021).

Kerangka mayat jenis kelamin laki-laki tersebut ditemukan dalam posisi menggantung di akar pohon Lom oleh seorang petani asal Desa Ngimbang, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban bernama Gunawan (35).

"Saat itu Gunawan (saksi) sedang membabat lahan yang akan dipakai bertanam. Kemudian dia melihat adanya mayat yang menggantung di akar pohon, sehingga langsung melaporkan kejadian itu kepada mantri hutan," terang Kapolsek Widang, AKP Totok Wijanarko.

Selanjutnya, kata Totok mantri hutan bernama Agus Supriono yang mendapatkan laporan adanya kejadian itu langsung memastikan ke lokasi penemuan untuk kemudian melaporkannya ke pihak Asper BKPH Sundulan Digwanto.

Asper kemudian melaporkan penemuan mayat itu kepada Polsek Widang dan pada saat ditemukan mayat tanpa identitas (MR X) tersebut sudah berbentuk kerangka dalam posisi menggantung di Pohon Lom dengan menggunakan sulur atau akar pohon.

"Diperkirakan mayat MR X tersebut sudah meninggal kurang lebih 5-7 hari," jelas Kapolsek Widang.

Usai menerima laporan, selanjutnya petugas dari Polsek Widang langsung mendatangi lokasi kejadian untuk mengamankan TKP, mencatat keterangan saksi, mengamankan barang bukti, menghubungi Tim INAFIS Polres Tuban dan membawa mayat ke RSUD Dr. Koesma Tuban. 

Sementara itu, barang bukti yang berhasil diamankan berupa satu kaos warna hitam bertuliskan "Stay Clean Stay active", satu celana kolor warna cokelat, sulur atau akar Pohon Lom panjang 1 meter.[hud/col]