Pasca Libur Lebaran, Inspektorat Sidak ASN yang Bolos

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Pasca libur Lebaran Idul Fitri 1442 H, Inspektorat Kabupaten Tuban melalukan Inspeksi Mendadak (Sidak) Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bolos.

Lima tim Inspekstorat pada Senin (17/5/2021) pagi berkeliling ke Kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Bumi Wali.

Salah satunya tim yang dipimpin Inspektur Pembantu Wilayah II, Rustami Harjanto mengunjungi Dinas Kominfo Kabupaten Tuban. Rustami Harjanto mengungkapkan sidak dimaksudkan untuk mengevaluasi kehadiran ASN pasca libur hari raya Idul Fitri 1442 H untuk memastikan tiap aparatur sebagai pengerak roda pemerintahan telah kembali bertugas. Sekaligus mendata bagi yang ijin atau cuti.

“Jika memang ada yang berhalangan hadir harus melengkapi berkas yang dipersyaratkan sesuai aturan yang berlaku,” ungkapnya.

Adapun sasaran sidak mencakup PNS, PPPK, dan Non-PNS. Hasil pemantauan akan dilaporkan ke masing-masing Kepala OPD, Inspektur Inspektorat dan Sekda Tuban.

Lebih lanjut, jika ditemukan ASN yang tidak hadir tanpa keterangan akan dikenakan sanksi. Sanksi yang dibebankan mulai dari teguran lisan, teguran tertulis maupun sanksi administratif lainnya.

“Sanksi administratif berupa penundaan kenaikan berkala hingga penurunan pangkat,” jelasnya.

Rustami menambahkan kedisiplinan ASN dapatnya terus ditingkatkan. Terutama pada masa Pandemi Covid-19, meski tidak diberlakukan finger print maupun check lock, ASN Pemkab Tuban diharapkan menjaga integritasnya dengan berdisiplin yang muncul dari benak tiap aparatur. [ali/sas]