Lebaran, Kawasan Obvitnas di Tuban Dijaga Ketat

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Kawasan industri yang masuk dalam objek vital nasional (Obvitnas) di Kabupaten Tuban pada Hari Raya Idul Fitri 1442 H mendapat penjagaan ketat dari aparat keamanan, Kamis (13/5/2021).

Salah satu yang dijaga oleh TNI dan Security adalah obyek vital nasional Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tanjung Awar Awar yang berada di Desa Remen, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban.

Tujuan pengaman tersebut dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman, baik pekerja internal maupun masyarakat sekitar area obvitnas.

Penjagaan di hari keagamaan sudah menjadi rutinitas yang dilakukan Babinsa Kodim 0811 Tuban. Selain sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat, juga menjadi ajang silaturahmi dengan masyarakat khususnya yang bekerja di PLTU Tanjung Awar-awar.

“Sesuai arahan dari pimpinan bahwa seluruh Babinsa agar meningkatkan kinerja dan berkoordinasi dengan obyek vital maupun stake holder yang ada di desa binaannya, sehingga terjalin komunikasi dan kerjasama yang baik dalam rangka memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, mengingat saat ini Libur bersama Hari Raya Idul Fitri 1442 H sehingga situasi Kamtibmas tetap kondusif,” ungkap Sersan Satu Tri Joko, Babinsa dari Koramil 0811/02 Palang saat melaksanakan pengamanan PLTU Tanjung Awar Awar.

Joko juga menjelaskan, pengamanan Obvitnas merupakan salah satu jabaran tugas Prajurit TNI sesuai amanat UU No 34 tahun 2004.

"Meskipun suasana Libur Lebaran, kami tetap laksanakan tugas pengamanan ini dengan sebaik-baiknya, baik itu pengamanan tenaga kerja (karyawan) maupun pengamanan jaringan instalasi di lapangan," imbuhnya.

Diketahui, ada beberapa kawasan Obvitnas di Kabupaten Tuban yang dijaga ketat oleh aparat. Baik di sektor kelistrikan, perminyakan, hingga persemenan. [ali/mu]