Jika Pembelajaran Tatap Muka Diberlakukan, Perpusda Harap Bisa Layani Baca Buku di Tempat

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Semejak bulan Oktober 2020 lalu Perpustakaan Umum Daerah (Perpusda) Kabupaten Tuban tidak melayani baca buku di tempat bagi para pengunjung.

Hal itu diberlakukan lantaran dampak pandemi Covid-19 di Indonesia bahkan di Kabupaten Tuban yang hingga saat ini belum reda.

Terkait hal itu, Kabid Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Tuban, Susi Sulastri berharap perpusda bisa kembali melayani pengunjung untuk baca di tempat. Hal itu tentunya dengan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) yang ketat.

"Semoga setelah sekolah-sekolah mengadakan pembelajaran tatap muka kami bisa membuka untuk baca ditempat sesuai prokes. Harapan begitu, semoga pandemi ini cepat berakhir," harap Susi Sulastri kepada blokTuban.com.

Sebatas diketahui, dampak pandemi Covid-19 membuat Perpustakaan Umum Daerah (Perpusda) Kabupaten Tuban sementara ini tidak menerima layanan baca buku di tempat bagi pengunjung.

Kendati tidak menerima layanan baca ditempat, Perpusda Kabupaten Tuban tetap memberikan layanan peminjaman buku secara online, baik melalui aplikasi Tuban Digital Library (Tulib) maupun Whatsapp.

"Mulai Oktober kemarin kami belum menerima baca di tempat, tetapi para pengunjung antusias untuk meminjam buku secara online (Tulib dan WA)," pungkas Susi. [hud/mu]