Dirregident Korlantas Polri Pantau Penyekatan di Perbatasan Jatim-Jateng

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Direktur Registrasi dan Identifikasi (Dirregident) Korlantas Polri, Brigjen Pol. Yusuf didampingi pejabat dari Korlantas Polri Kombespol Aries Syahbudin, serta Kombespol Abrianto Pardede, memantau pelaksanaan penyekatan di pos check point perbatasan Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Timur (Jatim), Senin (10/5/2021).

Kedatangan jenderal polisi bintang satu dalam rangka untuk memantau penyekatan di perbatasan Jatim-Jateng itu disambut langsung oleh Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono bersama Dandim 0811 Tuban Letkol Inf Viliala Romadhon.

Dalam kegiatan itu, Brigjen Pol. Yusuf juga melihat langsung kegiatan personel di pos check point penyekatan perbatasan Jateng-Jatim. Diantaranya pelaksanaan rapid test secara acak kepada pemudik atau warga dari luar yang akan melintas wilayah Tuban.

"Kita melaksanakan peninjauan di perbatasan Jatim-Jateng khususnya wilayah Tuban-Rembang. Karena ini merupakan pos check point yang berfungsi untuk mengecek pengguna jalan yang akan masuk wilayah Jatim," tegas Brigjen Pol Yusuf.

Lebih lanjut dijelaskannya, sebelum memantau penyekatan di Tuban pihaknya juga melakukan pemantauan penyekatan dibeberapa titik, antara lain di Exit Tol Ngawi, Jalur Arteri Perbatasan Ngawi Mantingan, titik rawan macet di Simpang Mengkreng Kediri, serta di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi dan titik lainnya.

"Sampai saat ini pantauan kami penyekatannya sangat bagus, cukup selektif, yang boleh masuk hanya yang memenuhi syarat, yang tidak memenuhi syarat diputar balik," imbuhnya 

Dia mengimbau, kepada masyarakat agar mentaati larangan pemerintah untuk tidak mudik lebaran. "Kita imbau kepada masyarakat untuk tidak mudik, kalau memang ada yang memaksa untuk mudik, kita laksanakan tindakan putar balik atau sanksi administrasi yang lain," tandasnya.

Diungkapkannya, beberapa hari yang lalu pihaknya melakukan pengecekan di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi yang berbatasan dengan Gilimanuk. Disana juga sama yang melintas hanya kendaraan pengangkut Barang. "Saya ambil kesimpulan bahwa di Jawa Timur ini sosialisasi cukup bagus," Pungkas Brigjen Pol Yusuf.

Usai pemantauan di Jalur Pantura Perbatasan Jateng-Jatim, Direktur Registrasi dan Identifikasi (Dirregident) Korlantas Polri, Brigjen Pol. Yusuf serta beberapa personel lainya menyempatkan untuk ziarah di Makam Sunan Bonang Tuban.[hud/col]