Kacang Sembunyi Aneka Rasa, Jadi Oleh-Oleh Lebaran di Tuban

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Selain kue kering, Lebaran juga identik dengan makanan ringan yang renyah dan gurih. Salah satu jajanan Lebaran yang bisa disuguhkan di meja tamu ialah kacang sembunyi.

Selain sebagai suguhan, camilan tersebut bisa juga sebagai pilihan oleh-oleh untuk keluarga. Ada tiga varian rasanya, yaitu pedas, manis, dan gurih.

Untuk mendapatkan kacang sembunyi, bisa datang langsung ke tempat produksi aneka suguhan saat lebaran di Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Lokasinya persis di belakang sendang Bekti.

"Disebut kacang sembunyi karena kacangnya ada di dalam gulungan tepung," ujar pembuat kacang sembunyi, Rusmini (44) kepada reporter blokTuban.com dirumahnya, Minggu (9/5/2021).

Untuk mendapatkan rasa camilan yang gurih, beberapa bahan utama harus disiapkan. Seperti kacang, tepung, telor, vanili, gula merah, gula pasir, dan air.

Satu persatu bahan yang telah disiapkan langsung dicampur hingga menjadi adonan kenyal dalam waktu kurang lebih 15 menit. Setelah itu, adonan dihaluskan dengan mesin penggiling hingga lima kali.

Setelah adonan tipis, mulai dipotong persegi kecil kemudian kacangnya ditaruh tengah dan di gulung. Karena kacangnya tertutup tepung, maka sering disebut kacang sembunyi. Tapi ada juga yang menyebut kacang selimut hingga kacang gulung.

"Yang paling penting adalah menyiapkan adonan. Jika waktunya tidak pas akan mempengaruhi hasil saat penggorengan," imbuhnya.

Terakhir adalah proses penggorengan dengan api sedang. Rusmini menambahkan minyak goreng harus dipastikan panas karena jika masih setengah panas kacang tidak bisa mengembang.

Kacang sembunyi buatannya tersebut, Rusmini biasa menjual dengan harga Rp50.000 per kilogramnya. Ia baru memproduksi saat ada pesanan dari tetangga atau kenalannya, sehingga kacang benar-benar gurih.

"Rata-rata pemesan minta lima kilogram kacang sembunyi. Baik dari Tuban dan luar kota," jelasnya.

Selain kacang sembunyi, ada beberapa suguhan lebaran yang dibuat Rusmini. Seperti kacang asin dibandrol harga Rp 60 ribu/Kg, bidaran keju Rp 70 ribu/Kg, dan kemplang Rp 30 ribu/Kg. [ali/col]