Berdiri Megah dengan Ciri Khas Timur Tengah, Masjid Baitul Mu'min di Mapolres Tuban Diresmikan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Bangunan masjid dua lantai yang berdiri megah di lingkungan Mapolres Tuban akhirnya diresmikan. Peresmian masjid yang diberi nama 'Baitul Mu'min' itu ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Kapolres Tuban, AKBP Ruruh Wicaksono didampingi Bupati Tuban dan Dandim 0811 Tuban, Sabtu (8/5/2021).

Usai diresmikan, masjid Baitul Mu'min tersebut langsung digunakan untuk melaksanakan salat maghrib berjamaah dilanjutkan salat isyak dan salat sunnah tarawih berjamaah.

Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono pada kesempatan itu menyampaikan, hal yang melatarbelakangi pembangunan masjid megah tersebut karena kondisi masjid lama yang kurang memadai.

Sebab, bangunan masjid lama yang didirikan sejak 15 tahun lalu itu berada diatas tanah seluas 16x16 meter dan hanya mampu menampung sekitar 80 jamaah dalam kondisi normal.

Sedangkan pada masa pandemi Covid-19 seperti saat ini harus mengurangi jumlah jamaah untuk memenuhi Protokol Kesehatan (Prokes).

"Ide Pembangunan masjid ini pertama kali muncul ketika saya salat di masjid yang lama. Seketika saya terpanggil untuk membangun masjid, mohon maaf karena masjid lama itu tempat wudlunya ada tapi toiletnya tidak ada, kapasitasnya pun juga terbatas," kata ujar Kapolres Tuban.

Kapolres kelahiran Ngawi itu menjelaskan, didirikannya masjid dengan ciri khas Timur Tengah dan interior full marmer ini bukan dalam rangka untuk berlomba membangun masjid yang megah.

Melainkan bagaimana nantinya anggota Polres Tuban dapat memakmurkan masjid dengan memanfaatkanya untuk sarana beribadah baik wajib maupun sunnah serta kegiatan keagamaan lainnya.

Dia berharap, pembangunan Masjid Baitul Mu'min tersebut dapat menumbuhkan motivasi anggota Polres Tuban untuk lebih taat beribadah serta dijadikan sarana untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

"Mudah-mudahan peresmian masjid ini menjadi berkah untuk kita semua. Terutama kami keluarga besar Polres Tuban dan semoga masjid ini dapat mendorong segenap anggota untuk lebih taat beribadah serta semakin meningkatkan kualitas iman dan taqwa kepada Allah SWT" harap Kapolres Tuban.

Selanjutnya, Kapolres Tuban juga menambahkan selain anggota Polres Tuban, masjid Baitul Mu'min ini juga bisa digunakan oleh masyarakat atau jamaah dari luar untuk melaksanakan ibadah.

"Masyarakat dari luar Polres pun bisa memanfaatkan keberadaan masjid ini untuk melaksanakan ibadah salat, kita sudah siapkan pintu disebelah masjid," imbuh AKBP Ruruh.

Kapolres juga berpesan, siapapun nantinya yang akan memimpin Polres Tuban agar selalu merawat dan menjaga betul masjid. Sebab, ini merupakan usaha seluruh anggota Polres Tuban.

Sebatas diketahui, pembangunan masjid dua lantai dengan luas 20x25 meter persegi yang dikerjakan selama 8 bulan itu menelan biaya sekitar 7 miliar yang bersumber seluruhnya dari swadaya anggota Polres Tuban serta partisipasi dari berbagai pihak.

Masjid dengan interior full marmer serta hiasan kaligrafi itu dalam kondisi normal mampu menampung hingga sekitar 700 jamaah atau sekitar 300 jamaah dengan memenuhi Protokol Kesehatan saat pandemi Covid-19.[hud/sas]