Nikmatnya Es Podeng dan Becek Buwuhan untuk Buka Puasa

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Untuk menikmati menu hajatan saat buka puasa tidak harus menunggu undangan resepsi pernikahan. Kini menu tersebut telah hadir di Bale Rasa Joglo Istimewa yang berlokasi di Desa Bogorejo, Kecamatan Merakurak, Tuban dan mudah dicari melalui google map, Selasa (4/5/2021).

Paket es podeng dan becek buwuhan menjadi menu andalan yang banyak diburu untuk buka puasa. Harganya sangat terjangkau yaitu Rp38.000 per paket.

Andik Sutikno pemilik warung Bale Rasa mengatakan, warung Bale Rasa sejak awal sampai sekarang konsisten menyediakan menu hajatan. Seperti becek buwuhan nasi godong jati, dan es podeng.

"Es Podeng atau es puding biasa disebut, sangat laris dan nikmat untuk mengawali buka puasa" ujar Andik Sutikno.

Es yang berbahan dasar puding tersebut, rasanya lebih mantap karena dicampur dengan buah-buahan seperti pepaya, nanas, melon, kolang-kaling dan sirup.

Andik menambahkan, ide kuliner tersebut muncul karena rindu ketika hajatan di Tuban pasti disuguhi becek dan nasi dibungkus daun jati. Belakangan jarang ditemui kuliner semacam ini.

Ia juga sengaja menyajikan nasi daun jati. Karena nasi beras yang masih panas, saat dibungkus daun akan muncul aroma khasnya.

Dalam sehari Bale Rasa menghabiskan 100 porsi lebih. Harganya dipatok murah Rp 25.000 untuk satu porsi nasi dan becek. Selain becek, disediakan pula menu lain seperti ayam sambel Joglo dan telur dadar.

"Sengaja kami tidak sedang banyak menu dengan tujuan becek buwuhan bisa dikenal kembali oleh masyarakat Tuban dan sekitarnya," katanya.

Kuliner becek buwuhan ini tak hanya dinikmati oleh pengunjung asal Kabupaten Tuban tapi juga dari Gresik, Lamongan, Rembang, hingga Yogyakarta. Mereka yang jauh, kemudian singgah ke Bale Rasa ketika melewati kota berjuluk seribu goa ini. [ali/ono]