Wakapolres Tuban Diganti

Reporter : Sri Wiyono

blokTuban.com – Pergantian jabatan perwira di Polres Tuban kembali terjadi. Kali ini Wakil Kepala Kepolisian Resor (Wakapolres) yang digeser. Kompol Andi Yudha Pranata Siboro pejabat lama digantikan Kompol Priyanto. 

Kompol Andi Yudha akan bertugas sebagai Analis Kebijakan Pertama bidang penegakan hukum Ditlantas Polda Jatim. Sekaligus perwira menengah ini bakal menjalani pendidikan di Sekolah Staf dan Pimpinan Menengah (Sespimen) Polri dikreg ke 61 tahun 2021).

Pendidikan Sespimmen Polri merupakan jenjang pendidikan pengembangan  kemampuan manajerial, serta menjadi salah satu persyaratan  untuk menduduki jabatan Kapolres. Sedangkan Kompol Priyanto sebelumnya menjabat Wakapolres Pasuruan Kota.

Mutasi jabatan tersebut tertuang dalam Keputusan Kapolda Jatim : KEP/770/IV/2021 tanggal 14 April 2021 tentang pemberhentian dari dan Pengangkatan jabatan dilingkungan Polda Jatim. 

Upacara serah terima jabatan (sertijab) berlangsung di lapangan belakang Polres Tuban dipimpin Kapolres AKBP Ruruh Wicaksono dan dihadiri para Pejabat Utama, Kapolsek Jajaran serta anggota Polres Tuban, Sabtu (01/05/2021) pagi.

Kegiatan diawali dengan pembacaan Keputusan Kapolda Jatim dilanjutkan pengambilan sumpah jabatan pejabat baru oleh Kapolres Tuban, 

Usai pengambilan sumpah dilanjutkan dengan penandatanganan sumpah dan jabatan serta pakta integritas oleh pejabat lama dan pejabat baru disaksikan oleh Kapolres Tuban

AKBP Ruruh Wicaksono menyampaikan bahwa mutasi jabatan merupakan hal yang biasa dalam sebuah organisasi.

"Ini adalah hal yang biasa, semua akan mengalami seperti ini bergeser dari tempat tugas lama menuju tempat tugas baru," ujarnya.

Kapolres mengucapkan terimakasih kepada Kompol Andi Yudha yang selama ini telah mendampingi dan membantunya dalam pelaksanaan tugas sehari-hari dalam berinteraksi dengan anggota.

"Konon sejarahnya belum ada Wakapolres Tuban yang bisa masuk Sespimmen, sebelum Pak Andi Yudha ini. Jadi selamat,’’ tambah perwira polisi kelahiran Ngawi itu.

Kepada Kompol Priyanto, Kapolres minta segera menyesuaikan terhadap tugasnya. Menurutnya, Kompol Priyanto sudah berpengalaman di Pasuruan Kota.

‘’Silahkan menyesuaikan diri, kenali situasi yang ada, saya yakin sudah monitor dan mendengar situasi yang ada di Tuban,’’ katanya.

Usai sertijab, kedua pejabat diberikan kesempatan untuk berpamitan dan memperkenalkan diri kepada seluruh anggota yang hadir dalam kegiatan tersebut

Dalam kesempatan itu Kompol Andi Yudha Pranata mengucapkan terimakasih kepada seluruh anggota atas kerjasama dan Doanya selama ia menjadi Wakapolres Tuban.

"Kami atas nama pribadi mengucapkan terimakasih atas semua doa dari rekan-rekan  yang memudahkan kami dalam jenjang selanjutnya. Selama 16 bulan di Tuban kami tidak luput dari kesalahan, termasuk kepada rekan-rekan mungkin ada yang pernah saya tegur, saya mohon maaf itu semata-mata untuk kebaikan bersama,’’ ucap Andi Yudha. 

Sedang Kompol Priyanto menyatakan siap menjalankan tugas barunya sebagai Wakapolres Tuban.

"Mohon ijin saya bergabung dengan keluarga besar  Polres Tuban, saya sangat senang dan bangga, semoga saya bisa mengimbangi beliaunya Bapak Kapolres,’’ kata dia.[ono]