Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Dalam pemeran literasi warga pendidikan Kabupaten Tuban di Pendopo Krida Manunggal, Bupati Tuban, Fathul Huda menyinggung beberapa tantangan yang akan dihadapi oleh generasi penerus di masa mendatang, Jumat (30/4/2021).

Krisis air, pangan dan energi adalah tantangan nyata. Oleh karena itu, tenaga pendidik diharapkan membekali muridnya dengan kemampuan dan keterampilan agar dapat menjawab tantangan jaman.

"Anak-anak harus diajarkan sifat optimis dan kemampuan literasi yang mantap," pesan Bupati Huda.

Di samping itu, lanjut Bupati dua periode generasi Bumi Wali harus ditanamkan karakter sesuai ajaran Wali Songo. Sebagai putra-putri Kabupaten Tuban, generasi muda hendaknya meneladani sikap Waliyullah, diantaranya toleransi, ramah, dan peduli terhadap lingkungan sekitarnya.

Dinas Pendidikan diminta terus menggalakkan semangat literasi, utamanya bagi anak-anak. Kemampuan literasi akan melatih anak berpikir kritis dan memahami satu persoalan dari banyak sudut pandang.

 Tak lupa, Bupati Tuban berterima kasih kepada seluruh insan pendidikan di Kabupaten Tuban yang terus berupaya mencerdaskan generasi penerus Kabupaten Tuban.

Menurutnya, sektor pendidikan mampu menaikkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Tuban, yang membawa dampak positif pada kesejahteraan masyarakat.

"Hakikat pendidikan adalah mampu memanusiakan manusia. Penguatan pendidikan di Bumi Wali bertujuan mempersiapkan generasi penerus untuk menghadapi tantangan di masa mendatang," tandasnya. [ali/col]