Sendiri atau Kolaborasi, Mimer Ini Gelar Road Show Pantomim Keliling Pantura

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Pandemi Covid-19 di tahun 2020 lalu benar-benar memukul semua sektor kehidupan, termasuk seniman. Hampir seluruh ruang lumpuh dan terbatas ruang geraknya, Rabu (28/4/2021).

Di tahun 2021 ini, seorang Mimer nekat menggelar road show pantomim Ramadan 1442 H. Ia berkeliling Kabupaten Rembang hingga Tuban, baik sendiri maupun kolaborasi.

Mimer tersebut bernama Arifin Ipin. Prinsip berkesenian yang dipegang Ipin tak kenal menyerah dengan Covid-19. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk tetap berkreasi lewat pantomim. Road show pantomim di bulan suci ini contohnya.

"Keinginan pribadi dari road show ini adalah menghibur masyarakat yang tengah menjalani ibadah puasa. Apalagi di masa pandemi ini masyarakat sangat membutuhkan hiburan," ujar Ipin kepada blokTuban.com.

Di setiap performnya, Ipin lebih banyak menyapa masyarakat yang hendak pulang kerja, mencari takjil atau sekedar melintas. Jalanan adalah panggung nyata untuk menghibur, tidak hanya di panggung atau ruang indoor sebelum pandemi.

Saat perform di Tuban atau dikenal Kota 1000 Goa, Ipin tampil di Desa Gaji, Kecamatan Kerek. Ia bersama Mimer Arif Ponco berkolaborasi dengan teman Gaji ikut serta meramaikan pasar Ramadan.

"Sebelum perform di Gaji, saya perform di kampung wisata kuliner Desa Mbrumbung, Kecamatan Kaliori, Rembang dalam acara bagi takjil," katanya.

Untuk waktu perform pantomim, ia menyesuaikan dari pihak yang memberikan tempat, biasanya saat ngabuburit, bagi takjil atupun bazar.

Jika di malam hari ada kesempatan dan tempat, Ipin siap menghibur masyarakat setelah berbuka puasa. Asalkan tidak pagi sampai siang hari, karena waktu itu aktifitas masyarakat masih padat.

"Sore dan malam waktu yang pas, dan enak bagi yang perform atau penontonnya," imbuhnya.

Road show tahun ini berbeda dengan tahun 2019 lalu. Jika dulu memakai identitas komunitas warna, saat ini Ipin lebih menggunakan namanya sendiri karena lebih dominan dalam persiapan dan perform.

Kolaborasi dengan Mimer di Rembang dipilihnya, karena lebih banyak bergerak sendiri. Untuk di Gaji berbeda, ia bersama Arif Ponco memakai nama komunitas warna.

"Dari road show ini kami bahagia melihat orang - orang tertawa dan sesekali mengajak foto selfie. Itu pertanda mereka terhibur dengan aksi kecil ini," tandasnya.

Sekedar diketahui, beberapa lokasi yang disinggapi Ipin untuk perform pantomim yaitu, Desa Sale Kecamatan Sale, Desa Tasikagung, Kecamatan Rembang, dan Desa Sumberjo, Kecamatan Rembang. [ali/ono]