1127 Warga Ikut Daftar BPUM di Kecamatan Soko

Reporter : M. Anang Febri

blokTuban.com - Sejumlah warga dari berbagai desa tampak berkumpul di area halaman Kantor Kecamatan Soko. Warga yang didominasi oleh kalangan ibu-ibu ini, rupanya sedang ikut daftar Bantuan Produktif Usaha Mikro (PBUM) yang diluncurkan pemerintah pusat.

Terdapat setidaknya 1127 warga yang dijadwalkan daftar untuk melengkapi data nasabah berikut administrasi umumnya. Proses validasi data ini berlangsung selama dua hari. Yang mana setiap desa punya jam layanan dan waktu yang berbeda pula.

"Kalau hari ini ada 12 desa yang ikut. Sisanya besok," terang Camat Soko, Sudarto saat dijumpai blokTuban.com disela aktivitasnya, Selasa (27/4/2021).

Ditambahkannya lagi, total 23 desa yang warganya terdaftar dan tetcantum pada BPUM terlebih dulu membuka blokir rekening untuk verifikasi rekening yang bersangkutan.

Sementara itu, Patimah yang merupakan seorang pelaku UKM asal Desa Kendalrejo, Kecanatan Soko menyambut program ini dengan sumringah. Namun sayang, data yang ia ajukan untuk verifikasi masih kurang.

"Syaratnya bawa KTP, KK, buku tabungan, sama surat pernyataan. Tapi ini kurang KK yang ketinggalan di rumah," ucap warga Dusun Panjak, Desa Kendalrejo itu sembari menanti keluarganya datang mengantarkan berkas.

Pengurusan data verifikasi ini, agaknya cukup menjadi point penting bagi para pelaku UMKM. Tak sedikit pula data dari KTP dan KK yang tidak sinkron, yakni digit Nomor Induk Kependuduka (NIK). Alhasil, bagi mereka yang tak sinkron datanya harus membenahi dulu ke pemerinrah desa setempat.

"Ini NIK di KTP dan KK gak sama, jadi harus urus ini dulu Mas," ucap dua perempuan paruh baya asal Desa Wadung, Kecamatan Soko sambil berlalu.

Hingga pendataan selesai, masih saja ada warga yang kembali menuju titik layanan BPUM. Bantuan yang disalurkan melalui BNI itu memburu niat hati para nasabahnya yang dapat bantuan untuk lekas kelar.

"Jadi balil besok saja ya Bu. Sekarang sudah tutuo layanannya," kata seorang pegawai layanan BPUM yang ditemani anggota Trantib Satpol PP Kecamatan Soko berada di depan gerbang kantor kecamatan. [feb/sas].