Tuban Terima 59 Napi Pindahan dari Sidoarjo

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tuban menerima 59 narapidana pindahan dari Lapas Kelas IIA Sidoarjo, Sabtu (24/4/2021). Proses pemindahan dilakukan menggunakan bus dan dikawal ketat oleh petugas.

Kepala Lapas Tuban Siswarno mengatakan semua narapidana yang diterima telah menjalani pemeriksaan Kesehatan dan negatif hasil rapid test Covid-19 oleh tenaga medis Lapas Tuban.

Dia menambahkan bahwa jajarannya telah menjalankan memeriksaan ketat terhadap barang bawaan.

“Kita isolasi 14 hari, semuanya kita tempatkan di Blok C dan Sebagian di kamar pengasingan Blok B,” ujarnya.

Pria asal Mrutuk Widang tersebut memaparkan bahwa selanjutnya ke 59 narapidana pindahan tersebut akan mengikuti masa pengenalan, pengamatan, dan penelitian lingkungan atau yang biasa disebut mapenaling.

Siswarno optimis dengan tambahan penghuni lapas sebanyak itu akan semakin menggenjot program pembinaan kemandirian dan kepribadian serta layanan di instansi yang dipimpinnya.

“Dengan tambahan sebanyak itu, kami akan tekankan di program pembinaan dan kualitas pelayanan tetap dijaga,” ujar ayah dua anak ini.

Saat ini dengan kedatangan 59 napi pindahanan dari Lapas Sidoarjo, lapas Tuban mengalami peningkatan sebanyak 19% dengan total penghuni per tanggal 24 april 2021 mencapai 365 orang terdiri dari 88 tahanan dan 277 narapidana, sedangkan kapasitas hunian berjumlah 266 orang. [ali/sas]