Camat Tambakboyo Tanggapi Video Tambang Runtuh di Sawir

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Beredar video pendek berdurasi 11 detik tentang lokasi tambang kapur runtuh di media sosial. Lokasinya dikabarkan di Desa Sawir, Kecamatan Tambakboyo, Tuban.

Saat reporter blokTuban.com mengkonfirmasi ke Camat Tambakboyo, Heri Subagyo membenarkan bahwa video tambang runtuh terjadi diwilayah kerjanya. Tepatnya runtuh pertama hari Selasa (20/4/2021) sore dan kedua pada Rabu (21/4/2021) pagi.

"Kejadiannya benar di Desa Sawir. Video pendek yang beredar merupakan kejadian kedua," ujar Camat Heri melalui sambungan telepon, Kamis (22/4/2021).

Pasca insiden tersebut, mantan Sekcam Jenu ini bersama Pemerintah Desa Sawir dan stakeholder lainnya meninjau ke lokasi. Diperoleh kabar bahwa tambang yang runtuh tersebut sudah lama ditinggalkan oleh warga.

Kendati demikian, akhir-akhir ini ada warga yang kembali beraktifitas menambang secara ilegal. Hingga terjadi insiden tambang runtuh dua kali, dan membuat ketar-ketir delapan Kepala Keluarga (KK) yang tinggal di dekat lokasi.

"Kami bersyukur tidak ada korban jiwa. Ada delapan rumah yang ada di dekat tambang yang runtuh. Mereka sudah kami himbau untuk hati-hati dan waspada," imbuh Heri.

Mantan Lurah Karangsari ini memastikan, bahwa pasca tambang runtuh warga yang semula menambang langsung berhenti.

Sedangkan untuk penyebab selain faktor alam, Camat Tambakboyo juga mensinyalir atap tambang sangat tipis sehingga curah hujan yang tinggi membuatnya ambrol atau runtuh. [ali/sas]