Janji Bupati Naikkan Gaji GTT dan PTT Setara UMR Belum Terwujud

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Bupati Tuban H Fathul Huda bersama Wabup Ir. Noor Nahar Hussein M.Si. melakukan Safari Ramadhan 1442 H/2021 M yang kedua di Kecamatan Palang, Jumat (16/4) sore.

Selama 10 tahun masa kepemimpinannya, Bupati Huda telah berusaha meningkatkan kesejahteraan Guru Tidak Tetap (GTT) dan Pegawai Tidak Tetap (PTT). Baik itu untuk tingkat SD maupun SMP, serta guru Paud karena dinilai pendapatannya masih sangat minim.

“Mudah-mudahan kedepan bisa UMR semua, itu janji saya dulu tapi belum bisa terealisasi, kedepan saya sudah tidak punya wewenang tinggal Pak Sekda bisa mengupayakan, kasihan kalau tulang punggung hanya digaji ratusan ribu,” ungkap Bupati Huda, Sabtu (17/4/2021).

Meski Kabupaten Tuban saat ini menjadi kota industri, tapi juga sebagai lumbung pangan nasional. Produksi jagung mencapai 726 ribu ton kemudian padi juga hampir sama mencapai 700 ribu ton.

“Beras kita surplus 63 persen, dari tahun ke tahun naik terus, ini luar biasa, dan akan terus diupayakan oleh pemkab agar selalu naik meskipun lahannya berkurang tapi luasnya bisa berkembang dengan teknologi yang kita lakukan. Bahkan Tuban sudah bisa ekspor benih jagung,” jelas orang nomor satu di Bumi Wali itu. 

Sementara itu, Camat Palang, Rohmad Mustofa dalam laporannya menyampaikan,  Kecamatan Palang terdapat 27.800 kepala keluarga dan yang masuk data DTKS sebanyak 10.272 kepala keluarga. Dari data tersebut semua sudah tercover bantuan sosial dari pemerintah. Baik PKH 3.908 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), BPNT 4.415 KPM, BPNTD 2.293 KPM, BST 3.553 KPM. 

“Yang belum dicover oleh bantuan tersebut sudah dicover dengan BLTDD tahun 2020 sebanyak 2.225 KPM dan tahun 2021 menjadi 742 KPM dan dari seluruh masyarakat Kecamatan Palang yang sudah mendapatkan KIS sebanyak 39.169 kartu KIS APBN dan 1.141 kartu KIS APBD Provinsi,” sebut Rohmad. 

Disampaikan juga, kondisi Covid-19 masyarakatnya yang semula menjadi rangking 2 terbanyak kini sudah hanya tingal 1 anak yang terkonfirmasi terkena Covid-19.

“Kita doakan bersama semoga lekas sembuh dan tidak bertambah lagi serta nilai kepuasan masyarakat Palang selama 2 tahun ini diatas 90 persen atau nilai A dengan predikat sangat baik,” pungkasnya. [ali/ono]