Bersinergi, Forkopimka Grabagan Jalin Silaturrahmi Perguruan Silat

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimka) Grabagan melaksanakan kegiatan silaturrahim bersama perguruan pencak silat se-Kecamatan Grabagan, Jumat (16/4/2021).

Kegiatan silaturrahmi di Pendopo Kantor Kecamatan tersebut dilaksanakan dalam rangka untuk meningkatkan sinergitas antara Forkopimka bersama perguruan pencak silat se-Kecamatan Grabagan dalam menjaga keamanan dan ketertiban.

Pada kesempatan itu, Camat Grabagan Joko Suprianyo menyampaikan, pada dasarnya para pendekar sangat mencintai perdamaian dan persaudaraan. 

"Saya kira para pendekar sangat mencintai kedamaian dan persaudaraan. Kalau misal indonesia tercinta diganggu musuh negara, maka bukan hanya TNI-Polri yang mempertahankannya, para pendekar dan pesilat saya kira sebagai patriot sejati juga akan siap membela negara dan tanah airnya,” ujar Camat Grabagan.

Sementara itu, Danramil 0811/20 Grabagan Kapten Inf Hasan Bisri menambahkan, dengan kegiatan ini kedepan diharapkan dapat terjalin hubungan yang harmonis dan sinergis untuk membangun persatuan dan kesatuan di Kecamatan Grabagan.

Di samping itu juga terciptannya situasi kamtibmas di Kecamatan Grabagan yang aman dan kondusif. "Jangan terprovokasi dengan kejadian di kecamatan lain, agar para ketua perguruan mengevaluasi kegiatan, apalagi sudah ada ketua Rekat di Kecamatan Grabagan,” lanjut Danramil.

Lebih lanjut, sesuai instruksi Presiden Republik Indonesia dan Gubernur Jawa Timur, dengan adanya wabah Virus Covid-19 agar disampaikan ke anak didik masing-masing perguruan untuk membatasi semua kegiatan.

Kemudian melaksanakan protokol kesehatan diantaranya 5 M, pertama memekai masker, kedua mencuci tangan, ketiga menjaga jarak, keempat menjauhi kerumunan dan kelima mengurangi mobilitas.

Di tempat yang sama, Ketua Rante Kerukunan Tokoh (Rekat) Kohar sangat mengapresiasi adanya acara silaturahim ini. Baginya adanya paguyuban pencak silat ini akan mampu menjadi suri tauladan tentang nilai kerukunan dan persatuan serta menjalin persaudaraan antar perguruan yang ada di Kecamatan Grabagan.

“Terimakasih kepada Pak Camat yang telah mengadakan acara silaturahmi dan memfasilitasi setiap kegiatan silaturrahmi antar perguruan yang ada disini. Kami paguyuban pencak silat akan siap membantu untuk menjaga Kamtibmas di wilayah Kecamatan Grabagan," pungkasnya.

Sebatas diketahui, hadir dalam kegiatan itu ketua dari 5 Perguruan Pencak silat yakni, Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT), IKSPI Kera Sakti, Perguruan Pencak Organisasi (PO), Merpati Putih dan Pagar Nusa (PN). [hud/col]