Kapal Terbakar di Laut Jawa, 16 Nelayan Selamat Dibawa ke Tuban


Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Sejumlah 16 nelayan yang terombang ambing di Laut Jawa, Bangka Belitung setelah kapalnya Motot Bintang Jaya Mandiri terbakar diselamatkan oleh kapal Master (MT) Queen Majesty.

Humas Kantor UPP Kelas III Brondong, Boby Mulya Kusuma saat dikonfirmasi blokTuban.com mengatakan, kapal MT. Queen Majesty tiba di lokasi kebakaran sekitar pukul 13.30 Wib, Kamis (15/4/2021).

"Evakuasi dilaksanakan pukul 13.35 Wib dan selesai pada pukul 15.00 Wib kemudian melanjutkan perjalanan ke pelabuhan tujuan TBBM Tuban," ujar Boby.

Lokasi terbakarnya kapal nelayan tersebut di Laut Jawa Lintang ; 04-14-60 S / Bujur ; 108-38-36 T. Penyebab terbakarnya kapal saat kepala kamar mesin menyalakan mesin generator tiba-tiba terjadi percikan api yang menyebabkan kebakaran di kamar mesin.

Boby menambahkan besok Jumat (16/4) siang, tim akan mengevakuasi menggunakan Tug Boat milik pertamina. Untuk korban langkah selanjutnya pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak karantina kesehatan pelabuhan Tuban dan juga medis TPPI.

"Kedatangan Kapal Master (MT) Queen Majesty kami perkirakan pukul 10.00 Wib," imbuhnya.

Adapun identitas 16 nelayan akan dibawa ke Tuban yang berasal dari Indramayu yaitu Ramin, Nono Cahyono, Sugeng Apriana, Agus Gunawan, Rasvadi, Candra Suraya, Dede Sumantri, Didi, Agus, Sarma, Saeful, Caswanto. Dari Subang, Rio Prabowo. Sedangkan dari Brebes ada Supriyanto, Jaenal, Slamet Sanuri. [ali/sas]