BNNK: Baru Satu Tempat Karaoke Gelar Tes Urine Mandiri

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Diamankannya tujuh orang dari tempat hiburan malam karaoke pada Rabu (7/4) oleh petugas gabungan menarik perihatiaan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tuban. 

Tujuh orang itu dibawa untuk direhabilitasi setelah urinenya mengandung zat psikotropika.

Tes urine menjelang bulan Ramadan 2021 merupakan upaya menciptakan ketentraman di dunia usaha hiburan malam.

"Dari tes urine kita melakukan pencegahan supaya tidak terjadi penyalahgunaan Narkoba," ujar Kepala BNNK Tuban, AKBP I Made Arjana kepada reporter blokTuban.com, Sabtu (10/4/2021).

Untuk kebaikan bersama, Made mendorong dan menyarankan kepada pemilik hiburan malam karaoke untuk menggelar tes urine secara mandiri. Karena dari 11 karaoke yang berijin di pemkab, baru karaoke Glamour yang pernah tes urine mandiri.

Alat untuk tes urine milik BNNK terbatas jumlahnya. Butuh kesadaran bersama untuk terus mengingatkan dan mengedukasi baik kepada pekerja atau pengunjung karaoke untuk menjauhi narkoba.

"Meskipun alatnya mahal, tapi upaya ini untuk kepentingan bersama. Kita terus dorong, kalau BNNK tidak bisa karena alatnya tidak cukup," imbuh Made.

Salah satu bentuk edukasi oleh pemilik usaha karaoke, dengan memperbanyak gambar atau poster tentang bahaya memakai narkoba. Perang melawan narkoba harus digencarkan dimanapun.

Perihal tujuh orang yang urinenya mengandung zat psikotropika, BNNK terus menggali data lebih dalam. Sekaligus berupaya mendapatkan bukti dan jaringan obat-obatan.

"Karena mereka ada yang tinggal di kos-kosan, kita akan telusuri apakah ada orang lain yang memberi obat-obatan tersebut atau ada hal lainnya," tambahnya.

Ditambahkan oleh Made, sebagian dari yang orang yang diamankan tidak bisa digali datanya lebih jauh karena sudah tinggi tingkat ketergantungannya dengan obat yang biasa dikonsumsi.

Sekedar diketahui, tujuh orang yang dimaksud dintaranya satu pemandu lagi di hiburan malam Glamour (GL), empat Pengunjung Dunia Karoke (DK), dan dua di Happy Karaoke.

Data dari Dinas Penanaman Modal Perijinan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (PM PTSP dan Naker) Tuban, 11 tempat hiburan karaoke yang berijin meliputi, A'as Karaoke, Keke Karaoke, Dunia Karaoke, Glamour Karaoke, Lion Karaoke, King Karaoke (di Kecamatan Widang), Wisma Karaoke, Happy Karaoke, Oke Karaoke, dan King Karaoke (di Kecamatan Jenu). [ali/ono]