BPBD Bakar Sarang Tawon yang Serang Warga

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban melakukan evakuasi tiga titik sarang lebah jenis Vespa Affinis di Kecamatan Soko dan Rengel, Kabupaten Tuban.

Evakuasi sarang lebah dengan cara dibakar tersebut dilakukan setelah adanya laporan terkait adanya dua orang korban disengat lebah hingga pingsan dan dirawat di IGD Puskesmas setempat.

"Karena sarang lebah itu meresahkan warga dan sudah menimbulkan korban, sehingga Tim BPBD Pos Rengel, Kabupaten Tuban meluncur ke lokasi untuk evakuasi sarang lebah tersebut," terang Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tuban, Yudi Irwanto saat dikonfirmasi blokTuban.com, Selasa (6/4/2021).

Adapun, titik sarang lebah yang dievakuasi yakni berada di dalam akar pohon diarea makam Desa Glagahsari, Kecamatan Soko berukuran 50 Centimeter.

Diatas plafon sekolah dengan ketinggian 7 meter di Desa Glagahsari, Kecamatan Soko berukuran 60 Centimeter dan di atas pohon jati setinggi 10 meter tepat nya di belakang rumah warga Desa Banjaragung, Kecamatan Rengel berukuran 80 Centimeter.

Sekadar diketahui, dua orang di Desa Glagahsari, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban dirawat di ruang IGD Puskesmas setempat usai diserang ribuan lebah jenis Vespa Affinis.

Dua korban tersebut diketahui bernama Kamid (65) dan anaknya bernama Edi (30) warga Desa Glagahsari, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban. Ketika diserang ribuan lebah, korban sedang mencari rumput untuk pakan ternak.[hud/ono]