Biawak Sepanjang 1,5 Meter Ditangkap Tukang Becak di Sekitar Kantor DPRD Tuban

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Beberapa tukang becak yang biasa mangkal di kawasan perempatan patung Letda Sutcipto atau sekitar kantor DPRD Tuban berhasil menangkap seekor biawak berukuran besar, Jumat (26/3/2021). 

Biawak dengan ukuran panjang sekitar 1,5 meter itu berhasil ditangkap setelah dikejar beberapa tukang becak yang sedang menunggu penumpang di selatan kantor DPRD Tuban. 

Bahkan, pengejaran biawak yang masih gesit itu sempat sampai di tengah jalan raya jalur Pantura Tuban sebelum akhirnya berhasil ditangkap. 

Menurut keterangan salah satu tukang becak, Burhanudin (50) biawak tersebut pertama kali diketahui keluar dari pagar sebelah selatan kantor DPRD Tuban. Kemudian para tukang becak yang mengetahui itu langsung berusaha untuk menangkapnya. 

"Tahu-tahu keluar dari pagar ini, dia melompat. Kemudian lari ke jalan," terang Burhanudin (50) di kawasan perempatan Patung Letda Sucipto, Kabupaten Tuban. 

Beberapa tukang becak yang lain juga ikut berlari mengejar biawak tersebut sampai jarak ratusan meter. 

Setelah dikerja beramai-ramai akhirnya biawak berhasil ditangkap oleh Kasdari, seorang tukang becak yang ada di perempatan tersebut. 

Kasdari sempat kewalahan lantaran hewan dengan ukuran besar itu berusaha melawan saat ditangkap. 

"Yang bahaya itu kalau sampai ditangkap ekornya, bisa-bisa digigit. Ini tadi langsung saya pegang kepalanya, terus saya rantai," ujar Kasdari.

Menurutnya, biawak tersebut sudah terbilang besar dan di sekitar kantor DPRD Tuban itu sudah pernah juga biawak yang ditangkap tapi dengan ukuran yang lebih kecil. 

Selanjutnya biawak tersebut akan dijual, kalau tidak laku rencananya akan  dimasak sendiri untuk digunakan sebagai lauk makan. 

"Ini beratnya paling sekitar 6 kilogram, kalau di sini sudah pernah ada biawak yang kita tangkap. Mungkin ini yang lainnya juga masih ada," pungkasnya.[hud/ono]