Lapas Tuban Latih Ketrampilan 60 Napi

Reporter : Sri Wiyono

blokTuban.com - Lapas Kelas IIB Tuban menggandeng Balai Latihan Kerja (BLK) Tuban untuk memberikan bekal keterampilan kepada 60 narapidana (napi). Para napi ini dilatih ketrampilan pengelasan, elektronik, dan mebelair. 

Kepala Lapas Tuban Siswarno mengatakan,  bahwa institusi yang dipimpinnya menyambut baik kegiatan pelatihan di Lapas Tuban dengan instruktur dari BLK. Menurutnya hal tersebut akan menjadikan bekal keterampilan dalam menjalani kehidupan nanti pasca bebas dari hukuman.

“Patut kita bersyukur, anda semua mendapatkan pelatihan gratis dari negara belum tentu jika anda diluar sekarang mendapatkan pelatihan,’’ ujar Siswarno pada pembukaan pelatihan di aula Lapas Tuban, rabu (24/3/2021). 

Pria asli Mrutuk, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur tersebut menambahkan bahwa program ketrampilan pengelasan, elektronik, dan mebelair akan diikuti masing-masing 20 orang warga binaan.

“Kita siapkan keterampilan yang memiliki peluang pekerjaan tinggi, termasuk pelatihan elektronik yang khusus disiapkan menjadi teknisi handphone,” tambahnya.

Sementara itu, perwakilan BLK Tuban Rias menuturkan bahwa 3 paket kegiatan tersebut akan berlangsung selama 10 hari.

“Dalam satu hari terdapat 8 jam pelatihan, kita akan maksimalkan itu selama 10 hari,” jelasnya.

Dia juga menyambut baik jika terdapat narapidana Lapas Tuban yang ingin mengembangkan pelatihan setelah keluar dari Lapas.

“Di dalam Lapas kita berikan pelatihan ini yang dibiayai APBN, jika kelak bebas bisa mengajukan diri untuk mengikuti lagi di kantor BLK,” katanya.

Sementara itu, SR (42) salah seorang narapidana kasus narkotika mengaku senang mendapatkan pelatihan ini. Menurutnya selain mendapatkan sertifikat juga mendapat pengalaman.

“Saya senang pak, di dalam Lapas bisa tambah ilmu biar bisa ng-las, saya pinginnya buka bengkel las setelah keluar Lapas biar sukses,” janjinya.

Lapas Tuban tahun lalu mengikutkan 120 narapidana untuk mengikuti pelatihan bersertifikat dari BLK. Setelah sukses menghasilkan karya dari hasil keterampilan, tahun ini Lapas Tuban melebarkan sayap pelatihan di bidang service handphone, juga bersama BLK.[ono]