Bupati dan Wabup Tuban Pantau Tes Perangkat Desa di Lima Kecamatan

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Bupati Tuban, Fathul Huda dan Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein, meninjau ke lokasi ujian tes perangkat desa di lima kecamatan. 

Ujian Perangkat Desa tahun 2021 digelar serentak di 19 kecamatan dari 20 Kecamatan di Kabupaten Tuban, Rabu (24/3/2021).

Terdapat 1.506 pendaftar saling bersaing untuk memperebutkan 98 formasi pada 80 desa di Tuban. Bupati Tuban melakukan peninjauan di Kecamatan Montong dan Jenu. Sedangkan Wabup Tuban di kecamatan Semanding, Grabagan dan Rengel. 

“Saya menyampaikan apresiasi atas kelancaran rangkaian kegiatan tes perangkat desa tahun ini,” ungkapnya.

Peserta tes diharapkan mampu memperoleh nilai terbaik. Mengingat bobot soal telah disesuaikan dengan rata-rata latar belakang pendidikan pendaftar.

Bupati juga mengimbau masyarakat agar tidak percaya jika ada orang mengaku memiliki bocoran soal dan jawaban. 

Seluruh rangkaian tes perangkat desa diawasi dengan ketat untuk menghindari terjadinya per-calo-an. Forkopimka tiap kecamatan diinstruksikan untuk mengawal dan mengawasi wilayahnya.

“Jangan sampai tertipu karena seluruh proses diawasi banyak pihak, termasuk TNI dan Polri,” tegasnya.

Kasi Peningkatan Kapasitas Aparat dan Lembaga Pemerintahan Desa, Dispemasdes dan KB Kabupaten Tuban, Suhud menyebutkan terdapat 19 kecamatan di Kabupaten Tuban yang mengadakan ujian perangkat desa. 

Hanya kecamatan Kerek yang tidak menyelenggarakan ujian karena tidak ada posisi perangkat desa yang kosong.

Kecamatan yang menyelenggarakan ujian perangkat desa meliputi Kecamatan Kenduruan tiga desa, Kecamatan Jatirogo empat desa, Kecamatan Bangilan dua desa, Kecamatan Bancar lima desa, Kecamatan Senori lima desa, Kecamatan Tambakboyo dua desa, Kecamatan Singgahan dua desa, Kecamatan Parengan lima desa.

Kecamatan Montong tiga desa, Kecamatan Soko enam desa, Kecamatan Jenu dua desa, Kecamatan Merakurak lima desa, Kecamatan Rengel delapan desa, Kecamatan Semanding dua desa, Kecamatan Tuban dua desa, Kecamatan Plumpang enam desa, Kecamatan Palang enam desa, Kecamatan Widang tujuh desa, dan Kecamatan Grabagan lima desa. [ali/ono]