Sering Susah Tidur? Awas Berat Badan Bisa Naik Setengah Kilo dalam 9 Hari

Reporter: -

blokTuban.com - Menurunkan berat badan bukan sekadar tentang mengatur pola makan dengan defisit kalori juga perbanyak olahraga.

Tidur cukup yang berkualitas juga berperan penting dalam membakar kalori lebih banyak sehingga dapat membantu percepat penurunan badan.

Tidur nyenyak selama 7-8 jam setiap malam dapat mempercepat metabolisme dan membantu menurunkan berat badan. Karenanya disebutkan kurang tidur justru berpotensi menaikan berat badan.

Hal itu terjadi lantaran kurang tidur dapat menurunkan tingkat metabolisme istirahat (RMR) yang berperan membakat kalori dalam tubuh.

Selain itu, kurang tidur juga dapat meningkatkan nafsu makan yang disebabkan oleh dua hormon penting yakni ghrelin dan leptin.

Terlebih ketika kurang tidur, kebanyakan orang cenderung memilih makanan yang tidak sehat seperti cepat saji atau makanan instan.

Menurut meta-analisis 2016 yang diterbitkan dalam European Journal of Clinical Nutrition, orang yang tidak cukup tidur di malam hari akan makan lebih banyak keesokan harinya. Rata-rata makan 385 kalori lebih banyak dari biasanya.

Studi tersebut juga menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur mengonsumsi lebih banyak lemak dan lebih sedikit protein dari makanan cepat saji.

Tidak hanya itu, orang yang tidak mendapatkan kualitas tidur malam yang baik juga kurang bergerak dan membakar lebih sedikit kalori sepanjang hari.

Dikutip dari Times of India, jika orang terus makan dengan kelebihan 385 kalori setiap hari dapat membuat berat badan bertambah sekitar 500 gram dalam sembilan hari. Kondisi itu juga dapat meningkatkan risiko berkembangnya penyakit seperti diabetes tipe 2, hipertensi, dan penyakit jantung.

Karenanya, bagi orang yang kesulitan menurunkan berat badan, sangat disarankan untuk memperbaiki waktu tidur malam terlebih dahulu. Biasakan tidur pada waktu yang sama setiap malam dalam rentang 7-8 jam setiap hari.

Tidur tepat waktu dan bangun tepat waktu setiap hari, bahkan di akhir pekan. Juga sebaiknya berhenti makan dua jam sebelum waktu tidur. Jika masih merasa sulit tidur di malam hari, coba latihan peregangan ringan sebelum naik ke kasur.

*Sumber: suara.com