Polres Tuban Periksa Kesehatan Seluruh Anggotanya

Reporter : Sri Wiyono

blokTuban.com - Kepolisian Resor (Polres) Tuban menggelar pemeriksaan kesehatan berkala terhadap ratusan anggotanya termasuk Polsek jajaran, Senin (22/03/2021).

Pemeriksaan digelar di gedung Faskes Tingkat Pertama Polres Tuban. Tak kurang dari 420 anggota Polres Tuban dan Polsek Jajaran mengikuti pemeriksaan kesehatan berkala ini. Pemeriksan kesehatan dilakukan petugas dari Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokes) Polda Jatim.

Pemeriksaan kesehatan dilakukan secara menyeluruh. Meliputi pengecekan tensi, pemeriksaan gigi, tes mata, tes urine, tes darah, rekam jantung, pemeriksaan rontgen, serta tes kesehatan jiwa.

Sebelum dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu masing-masing anggota melakukan registrasi dengan mengisi formulir yang telah disediakan.

Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono usai mengikuti emeriksaan kesehatan,  menjelaskan bahwa kegiatan tersebut dilakukan secara berkala untuk mengetahui kondisi kesehatan anggota.

"Pemeriksaan ini dilaksanakan secara berkala satu tahun sekali untuk mengetahui kondisi kesehatan personel. Jangan sampai kondisinya sedang sakit namun tetap bertugas,’’ ujar Kapolres.

Jika saat dipaksakan bertugas, lanjut dia, bisa membahayakan diri sendiri maupun orang di sekitarnya. 

‘’Jika tahu kondisi kesehatan sejak dini, bisa dilakukan upaya antisipasi penanganan selanjutnya, " tambah AKBP Ruruh.

Perwira polisi kelahiran Ngawi itu berharap kepada anggotanya kegiatan tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik.

"Silakan dimanfaatkan dengan baik, yang tahu kondisi kesehatan adalah rekan-rekan sendiri. Jika merasa ada keluhan kesehatan silahkan lakukan pengecekan secara mandiri. Tanpa kesehatan yang prima, mustahil rekan-rekan bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,’’ tandas Ruruh.[ono]