Pemkab Bakal Tertibkan Pedagang CFD yang Masih Jualan

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com – Pemerintah Kabupaten (pemkab) Tuban menegaskan bahwa Car Free Day (CFD) di Jalan Sunan Kalijaga Tuban masih tutup. Adanya pedagang yang berjualan saban minggu pagi akan dipantau serius oleh petugas, Senin (22/3/2021). 

Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Tuban, Agus Wijaya menjelaskan himbauan bahwa CFD belum dapat dibuka telah dilakukan sejak bulan Februari lalu. Dua buah banner himbauan juga telah dipasang di sekitar kawasan GOR Rangga Jaya Anoraga.

 “Tapi entah kapan banner yang dipasang petugas itu hilang,” ujar Agus Wijaya kepada reporter blokTuban.com menyikapi pedagang jualan di GOR setiap hari minggu. 

Dalam rangka pengendalian penyebaran Covid-19 di Kabupaten Tuban, Agus Wijaya telah berkoordinasi dengan Satpol PP untuk penertiban. Karena tutupnya CFD sementara menunggu kasus corona di Tuban kondusif. 

Selain itu, untuk persiapan CFD dibuka Diskoperindag akan terus memantau perkembangan pedagang yang berjualan di komplek GOR tersebut. 

Sekedar diketahui, pada awal bulan november 2020 lalu Diskperindag sempat melakukan uji coba CFD dengan protocol kesehatan. Uji coba pertama hingga ketiga telah dilakukan, dan diputuskan CFD tetap ditutup karena kasus covid-19 waktu itu semakin massif. 

CFD sendiri menjadi pusat keramaian di Kabupaten Tuban yang paling akhir dibuka. Sebelumnya penutupan CFD ketika Kabupaten Tuban berstatus zona merah atau resiko sebaran tinggi. Sekarang Tuban masih status oranye atau resiko sedang sebaran Covid-19. 

Diberitakan sebelumnya, Agung (30), salah seorang pedagang di lokasi CFD, mengatakan mereka para pedagang beroperasi mandiri dan tidak mengatasnamakan anggota paguyuban pedagang CFD. 

"Sudah lama bukanya, kemarin sempat dilarang buka, tapi setelah itu kita buka lagi. Dan kita atas nama pribadi bukan mengatasnamakan anggota paguyuban pedagang CFD," pungkasnya. [ali/ono]